Beranda Advertorial KPU Sukses Gelar Debat Kandidat Cabup–Cawabup Pilkada Bolmong

KPU Sukses Gelar Debat Kandidat Cabup–Cawabup Pilkada Bolmong

317
0
KPU Sukses Gelar Debat Kandidat Cabup–Cawabup Pilkada Bolmong
DR Ridwan Lasabuda, saat memandu acara Debat Kandidat Pilkada Bolmong 2017.

DEBAT kandidat dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup), Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), 2017 ini, dibuka langsung Ketua KPU Fahmi Gz Gobel, dengan yang dipandu oleh DR Ridwan Lasabuda dengan tiga orang panelis, digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Yadika Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Selasa (24/01/2016) untuk tahap pertama dinilai sukses.

Dari debat tahap pertama yang dilakukan KPU Bolmong, mengambil tema  Hukum, Politik dan Tata Kelolah Pemerintahan yang bersih, dengan enam pertanyaan. Dari tema tersebut Pasangan Calon (Paslon), nomor urut 1 Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow-Yanny Ronny Tuuk STh MM, (YSM-YRT) dan Paslon nomor urut 2 Hi Salihi Bue Mokodongan-Jefry Tumelap ST MT (SBM-JiTu), membeberkan rencana mereka jika terpilih pada Pilkada.

Cabup Dra Hj Yasti S Mokoagow, sedang menjelaskan materi pertanyaan oleh moderator.
Cabup Dra Hj Yasti S Mokoagow, sedang menjelaskan materi pertanyaan oleh moderator.

Dalam Debat tersebut terlebih dahulu pasangan nomor urut 1 YSM-YRT, memberikan pemeparan tentang tema “Good and clean governance. Untuk pasangan nomor urut 1 Yasti-Yanny misalnya, dari tema yang diangkat dalam debat kandidat, lebih banyak mengangkat soal pembinaan karier ASN, percepatan pelayanan publik yang didukung sarana dan prasarana partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan. Selain itu, transparansi, responsive dan peka terhadap persoalan masyarakat. “Good and clean governance dapat terwujud secara maksimal apabila semua elemen masyarakat mendukung agar pemerintahan bisa berjalan dengan baik yaitu bisa bergerak secara sinergis, tidak saling berbenturan atau berlawanan dan mendapat dukungan dari rakyat,pembangunan dilaksanakan secara efektif dan efisien dalam hal biaya dan waktu,” kata calon Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

 Cabup Hi Salihi B Mokodongan, sedang menjelaskan pertanyaan dari moderator.
Cabup Hi Salihi B Mokodongan, sedang menjelaskan pertanyaan dari moderator.

Sementara Nomor Salihi – Jefri dalam pemaparannya akan membangun konsep pemerintahan tunduk pada aturan dan budaya, sehat dan cerdas dalam segala bidang serta meningkatkan budaya Bolmong. Good and clean governance mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. “Pemerintah dalam pelaksanaannya, harus tanggap terhadap persoalan masyarakat. Harus memahami kebutuhan masyarakat, harus proaktif mempelajari dan menganalisa kebutuhan masyarakat,” kata Salihi.

Suasana Debat Kandidat Pilkada Bolmong 2017.
Suasana Debat Kandidat Pilkada Bolmong 2017.

Debat kandidat itu, KPU menghadairkan moderator Ridwan Lasabuda dan tiga panelis yakni Fitri Mamonto, Adullah  Conoaras dan Fery Liando. Ketiganya merupakan akademisi dari masing bidang ilmu yakni hukum, politik dan pemerintahan.Komisioner KPU Bolmong Daendels Somboadile mengatakan, masih ada dua tahap debat kandidat yang akan dilakukan. Yakni Senin 30 Januari dan Selasa 7 Februari. Untuk dua agenda itu, dengan tema yang berbeda yakni optimalisasi SDA dan SDM dan Kesejahteraan rakyat

(matt/adve)

Artikulli paraprakPemkot KK Bakal Beri Dispensasi Buat Pelaku Usaha Baru
Artikulli tjetërPaslon Yasti-Yanny Tampil Gemilang di Debat Kandidat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.