Beranda Berita Utama BPBD Bolmong Salurkan Bantuan Buat Warga Terkena Gelombang Pasang

BPBD Bolmong Salurkan Bantuan Buat Warga Terkena Gelombang Pasang

311
0
BPBD Bolmong Salurkan Bantuan Buat Warga Terkena Gelombang Pasang
Ir Hj Channy Wayong ME, Kepala BPBD Bolmong, menyerahkan bantuan kepada warga terkena dampak gelombang pasang.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten, langsung merespon dan memberikan bantuan logistik bagi warga yang mengungsi di Keluarhan Inobonto, Kecamatan Bolaang, akibat bencana gelombang pasang.

Demikian dikatakan Kepala BPBD Pemkab Bolmong, Ir Hj Channy Wayong ME, Sabtu (28/01/2016), bahwa bantuan tersebut guna memenuhi kebutuhan dasar karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat dipesisir pantai Inobonto adalah nelayan dan tidak memungkinkan bagi masyarakat untuk pergi melaut.

“Dengan keganasan gelombang yang terjadi 2 hari terakhir dan ntuk meminimalisir kerugian akibat gelombang pasang tersebut, BPBD juga memberikan bantuan karung pasir sebanyak 2600 lembar untuk menahan lauapan gelombang,” kata Wayong.

Dikatakannya, untuk abrasi pantai yang terjadi di Desa Nonapan Baru, Kecamatan Poigar, juga sudah disalurkan bantuan karung pasir untuk penanganan bersifat darurat sebanyak 500 lembar.

 

Diketahui, pemberian bantuan kebutuhan dasar tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bolmong, Ir Hj Channy Wayong, kepada Pemerintah setempat yang turut didampingi Kasi Penanganan Pengungsi dan Kasi Tanggap Darurat bersama Personil TRC.

Saat ini, kata Wayong, pihaknya melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Bolmong, terus memantau kondisi dilapangan melalui Personil Tim Reaksi Cepat (TRC) yang bertugas di wilayah kecamatan.

Sebelumnya, peringatan dini cuaca ektrim yang di release BMKG, cukup berdampak diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow. dari Hasil pantauan Pusdalops BPBD Kabupaten Bolmong, baik secara visual maupun via komunikasi radio 2M band, serta hasil Citra Satelit Himawari, pihak Pusdalops menerima Informasi dari personil TRC-PB yang melaksanakan patroli atau pemantauan langsung ke wilayah Kecamatan terdapat kejadian sebagai berikut:

  1. Kecamatan Sang Tombolang.

– Tanggul Penahan Ombak yang sebelumnya telah dilakukan penanganan darurat kembali jebol akibat dari keganasan gelombang pasang.

– Sejak 2 hari terakhir, wilayah kecamatan Sang Tombolang terus diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi

  1. Kecamatan Bolaang.

– Cuaca Ekstrim yang terjadi diwilayah perairan bagian utara berdampak pada tingginya gelombang yang menghantam sebagian pemukiman penduduk di Keluarahan Inobonto.

– Dari Hasil Assesment Personil TRC dilapangan, 33 KK terdampak keganasan gelombang dan 8 KK diantaranya mengungsi untuk menghindari bahaya akibat gelombang pasang tersebut.

  1. Kecamatan Poigar.

– Gelombang pasang yang terjadi dipesisir bagian utara Kabupaten Bolaang mongondow, juga berdampak abrasi pantai di Desa Nonapan Baru yang menyebabkan sebagian rumah penduduk terdampak.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprakPemkot Bersihkan Eks RSUD Datoe Binangkang
Artikulli tjetërSMP Khatolik Teodorus Kotamobagu Gelar LDKO di Yon Armed Bogani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.