Beranda Berita Utama Perempuan Jangan Jadi Korban Human Trafficking

Perempuan Jangan Jadi Korban Human Trafficking

268
0
Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, saat menjadi Inspektur upacara

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Meningkatkan Kesejahteraan Perempuan di hari Ibu Nasional. Walikota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir Hj Tatong Bara mengajak Perempuan untuk tidak menjadi korban Human Trafficking. Tatong, mengatakan, Pelakasanaan peringatan Hari Ibu di Indonesia dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dengan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan. “Peristiwa inilah yang kemudian dijadikan sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya sebagai hari ibu,baik di dalam maupun Luar negeri,’’ pungkas Tatong.

“Komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden republik Indonesia nomor 316 tahun 1959, yang menetapkan bahwa tanggal 22 desember sebagai hari ibu sekaligus hari nasional bukan hari libur.Peringatan hari ibu, juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia,telah menempuh proses yang sangat  panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki. Mengingat keduanya merupakan sumber daya potensial yang menentukan keberhasilan pembangunan,” jelas Tatong.

Dilanjutkannya, Momentum hari ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan. “Perjalanan panjang selama 88 tahun,telah mengantarkan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multi dimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Tatong menambahkan,di era kekinian. “Peringatan hari ibu, diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa. agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan  dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.”Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara di dalam mencapai tujuan Negara. di dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan,ekonomi,social,politik, dan hukum,” tandas Tatong.

“ini didasari oleh situasi dan kondisi masyarakat saat ini, manakala persoalan kekerasan,perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi perempuan,masih sangat tertinggal dibandingkan laki-laki.Berbicara kekerasan dan perdagangan orang (Human Trafficking), saat ini juga menjadi salah satu perhatian yang sangat serius dari pemerintah.Korban terbesar dari kasus-kasus kekerasan dan perdagangan orang,baik yang terlaporkan ataupun tidak terlaporkan adalah perempuan dan anak. Seiring dengan perkembangan jaman dan globalisasi dunia yang terus berjalan,saat ini pun peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan tidak dapat di pungkiri lagi,” beber Walikota.

Demikian juga, “apabila kita cermati bersama,maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah sosial yang terjadi di masyarakat  seperti: kekerasan, traficking, pornografi, infeksi menular sekssual, dan HIV/AIDS, narkoba, kriminalitas dan lainnnya disebabkan karena runtuhnya  pondasi ketahanan keluarga, “katanya.

Untuk itu, “ketahanan keluarga melalui penanaman nilai-nilai budi pekerti  dan iman takwa menjadi salahsatu pilar untuk menjawab dan mengatasi berbagai maslah sebagaimana tersebut di atas. Peran keluarga dituntut untuk lebih diperkuat,dibarengi dengan penanaman nilai-nilai kekeluargaan. Pentingnya peran keluarga,apabila dipahami secara mendalam telah diwariskan oleh para leluhur kita sejak puluhan tahun yang lalu. Saya juga mengajak semua masyrakat khususnya kaum perempuan untuk terus berkarya,mampu menjaga sosok yang mendari, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya,sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun bangsa,” Harapnya.

Kifly Koto

Artikulli paraprakSekot Optimis APBD 2016 Capai 90 Persen
Artikulli tjetërSatpol-PP Amankan Ratusan Ekor Ayam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.