Beranda Berita Utama Dispertanak Boltim Imbau Warga Awasi Hewan Ternak

Dispertanak Boltim Imbau Warga Awasi Hewan Ternak

308
0
Dispertanak Boltim Imbau Warga Awasi Hewan Ternak
Sapi Ternak.

Kotamobaguonline.com, BOLTIM – Memasuki musim panca roba atau musim penghujan, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengimbau kepada warga khususnya peternak hewan besar (sapi/kambing) supaya menjaga ternaknya.

Disampaikan Kepala Dispertanak Boltim, melalui Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswan), Rahman Mokodompit, Senin (12/12/2016), hewan ternak rentan sekali terserang penyakit baik disebabkan oleh perubahan musim ataupun dikarenakan tularan penyakit.

“Satu diantara penyakit yang datang pada musim penghujan untuk ternak sapi, adalah penyakit demam, gejalahnya napsu makan hewan berkurang, suhu badannya mencapai 38degC. Jika para peternak melihat sapi seperti ini, paling aman segera laporkan, kami akan turun langsung untuk memeriksa dan memberi pengobatan,” katanya.

Begitu juga dengan ternak jenis kambing. Di musim penghujan ini, tidak sedikit yang terkena penyakit perut kembung.

“Karena udara yang dingin dan kadar air dari pakan rumput terlalu banyak sehingga mengakibatkan kambing sakit perut, diare dan juga banyaknya nyamuk yang berpotensi menularkan penyakit,” terang Rahman.

Untuk itu, guna menghindari hal-hal diatas cegah dengan menjaga hewannya, “Jaga kebersihan hewan kebersihan kandang harus diperhatikan. Pencegahan lebih baik dari pada mengobati,” tuturnya.

(icha basol)

Artikulli paraprakSituasi Lolak Mulai Kondusif Kapolres Beri Apresiasi
Artikulli tjetërRuas Mondatong-Pomoman Bolmong Tertimbun Tanah Longsoran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.