Beranda Berita Utama Disnakertrans Bolmong Ingatkan Perusahaan Bayar THR Natal

Disnakertrans Bolmong Ingatkan Perusahaan Bayar THR Natal

305
0
Disnakertrans Bolmong Ingatkan Perusahaan Bayar THR Natal
Derek B Panambunan, Kadis Nakertarns Pemkab Bolmong.

kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), mengingatkan kepada pihak perusahaan wajib hukumnya membayar Tunjangan Hari Raya (THR), perayaan Natal 25 Desember 2016.

Kepala Disnakertrans Pemkab Bolmong, Derek B Panambunan SE, menegaskan THR wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. “Adapun besaran THR yakni satu kali gaji pokok. Bagi karyawan yang bekerja di bawah satu tahun di atas tiga bulan, berlaku perhitungan yakni besaran gaji dibagi 12 dikalikan jumlah bulan bekerja,” ucap Derek, Selasa (06/12/2016).

Dia mengharapkan, pemberian THR kepada karyawan sudah tuntas paling lambat sepekan sebelum puncak perayaan hari besar keagamaan. “Bagi perusahaan yang tidak mengindahkannya, akan diberikan sanksi tegas sesuai undang-undang ketenagakerjaan,” tegasnya. Olehnya, kata Derek Panambunan, pihaknya siap menerima aduan karyawan perusahaan terkait penyaluran THR.

“Karyawan yang tidak mendapatkan hak THR, silahkan melapor langsung di Disnaker. Dalam waktu dekat kita juga akan melakukan pemantauan di perusahaan-perusahaan,” tuturnya.

Diketahui, di Kabupaten Bolaang Mongondow, saat ini terdapat 148 perusahaan baik skala kecil, sedang dan menengah bahkan besar. “Ratusan perusahaan itu, mempekerjakan tak kurang dari 2000 karyawannya,” ujarnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolmong, Adrianus Nixon Watung SH, kepada sejumlah wartawan, menegaskan agar setiap perusahaan dapat memperhatikan kesejahteraan para karyawan. “Kalau itu merupakan hak dari karyawan maka, perusahaan wajib menyalurkan THR. “Pembayarannya harus sesuai dengan ketentuan berlaku,” tutur Nixon Watung.

(jumrin potabuga)

 

Artikulli paraprakDP4K KK Segera Salurkan Bantuan 20 Ekor Sapi Ternak
Artikulli tjetërPanwaslu Bolmong Awasi Pleno DPT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.