Beranda Berita Utama Wagub Steven Hadiri Peringatan Hari Koperasi di Kotamobagu

Wagub Steven Hadiri Peringatan Hari Koperasi di Kotamobagu

325
0
Wagub Steven Hadiri Peringatan Hari Koperasi di Kotamobagu
Suasana Peringatan Hari Koperasi di Kotamobagu, tampak Wagub Sulut, Steven OE Kandau, Walikota Ir Hj Tatong Bara, Bupati Bolmong, Nixon Watung, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM

KOTAMOBAGU, KC – Wakil Gubernur (Wagub), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandou, Selasa (25/10/2016), mengharidi peringatan Hari Koperasi tingkat Sulawesi Utara yang dipusat Kota Kotamobagu.

Pada kesempatannya, Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandou, dalam sambutannya menyampaikan, Koperasi pada hakekatnya menjadi alat pendemokrasian ekonomi Nasional.

“Bagaimana cara ekonomi Nasioanal ini dapat berlaku adil yaitu melalui Koperasi, sehingga perekonomian Nasional tidak hanya dikuasai segelintir orang,” ucap Wagub Steven.

Dirinya juga menjelaskan kenapa peringatan hari Koperasi ini dilakukan di Kota Kotamobagu. Karena berdasarkan penilaian empiris pihaknya, bagaimana pertumbuhan, peningkatan ekonomi dan kesejateraan di daerah ini terus berlanjut.

“Kami melihat dalam beberapa waktu ini pertumbuhan dan peningkatan ekonomi di Kotamobagu terus berlanjut, ini dibuktikan dengan keberhasilan Walikota mampu mensejaterakan rakyatnya, serta kinerja Pemerintah Kota Kotamobagu, jelas dengan bukti 3 kali mendapatkan WTP,” ujarnya.

Demikian pula IPM (Indeks Pembangunan Manusia), Kota Kotamobagu, berada diposisi 3 besar dari 15 Kabupaten/Kota se Sulut. “Dari 15 Kabupaten/Kota, 3 Koperasinya ada di Kotamobagu,” tuturnya.

Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, pada kesempatannya bertindak sebagai tuan rumah peringatan  hari Koperasi, mengucapkan terima kasih atas dipercayakan daerah Kota Kotamobagu pelaksanan kegiatan hari koperasi tahun 2016 ini.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pada Pemerintah Kotamobagu, atas dipercayakan sebagai tuan rumah peringatan hari Koperasi di Sulut. Meskipun beberapa kali terjadi penundaan, namun puji Tuhan kegiatan ini tetap terselenggara dan dihadiri oleh Wakil Gubernur, pak Steven O E Kandou,” ucap Walikota.

Walikota menjelaskan saat ini Pemerintah Kotamobagu terus memberikan perhatian bagi Koperasi di Kotamobagu, perhatian tersebut berupa dukungan dan berbagai fasilitas.

“Pemerintah terus memberikan dukungan baik dalam bentuk pelatihan, atau peningkatan manajemen teknis dan usaha, serta memberikan permodalan dan perizinan yang cepat dan mudah,” terangnya.

Lebih lanjut Walikota menyampaikan saat ini di Kotamobagu memiliki 73 Koperasi aktif, dan pelaku sebanyak 3402 usaha.

“Dari Tahun ke tahun jumlah pertumbuhan  Koperasi di Kotamobagu terus mengalami peningkatan, saat ini jumlah Koperasi aktif di Kotamobagu berjumlah 73 unit, peningkatan Koperasi ini turut mendukung jumlah pertumbuhan pelaku usah Mikro Kecil, dan Mengah sebanyak 3402 yang terdiri dari 2206 pelaku usaha Mikro, 1002 pelaku usah kecil dan 194 pelaku usaha menegah. Disamping itu juga Pemerintah Kotamobagu melalui APBD tahun 2016 telah menganggarkan Rp 171 juta bagi pelaku usaha rumah tangga,” tutur Walikota.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Jajaran Pemerintah Provinsi Sulut, Bupati Bolmong, Ketua DPRD Bolmong, Forkompida, pelaku perbankan Kotamobagu, pelaku usaha di Kotamobagu, dan pelaku Koperasi di Kotamobagu.

(kifly koto)

Artikulli paraprakKPU Bolmong Plenokan Penetapan Nomor Urut
Artikulli tjetër25 M Bantuan Pemprov Sulut Buat RSUD Kotamobagu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.