Beranda Berita Utama Tim BPK Sulut Evaluasi Tata Kelola Keuangan di Pemkab Boltim

Tim BPK Sulut Evaluasi Tata Kelola Keuangan di Pemkab Boltim

331
0
Tim BPK Sulut Evaluasi Tata Kelola Keuangan di Pemkab Boltim
Oscar Manoppo, Kepala DPPKAD Pemkab Boltim.

BOLTIM – Tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), selama 40 hari akan melakukan evaluasi terkait tata kelola penggunaan keuangan di Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pendapatan pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pemkab Boltim, Oscar Manoppo SE, Senin (10/10/2016) kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, tim  BPK sudah berada di Boltim, guna melakukan evaluasi keuangan daerah.

“Tim terdiri dari 4 (empat) orang, sejak tanggal 10 Oktober hari ini, telah berada di Boltim. Kedatangan mereka, untuk melakukan pemeriksaan keuangan,”kata Oscar Manoppo, siang tadi.

Lebih lanjut dikatakanya, dimana kehadiran mereka saat ini, berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga proses pemeriksaan dilakukan lebih awal. ”Biasanya mereka memeriksa keuangan daerah, setelah dananya sudah habis terpakai, namun kali ini mereka turun saat anggaran sedang berjan. Ini juga sangat menguntungkan daerah, sebab proses penganggaran bisa dikawal langsung oleh BPK,” tutur Oscar.

Adapun yang nantinya yang akan diperiksa oleh BPK adalah segala bentuk belanja Daerah. “Mereka selama 40 hari di boltim, terhitung sejak tanggal 10 Oktober hingga 20 November, yang akan diperiksa adalah semua Belanja Modal, serta Audit keuangan SKPD,” terangnya.

Diketahui usai melakukan pemeriksaan selama 40 hari, BPK akan kembali pada bulan Januari 2017, dimana daerah sedang menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). “Mereka nantinya akan kembali mengaudit secara rinci anggaran tersebut untuk menentukan Opini Daerah, terhadap tata kelola keuangan daerah.

Matox

Artikulli paraprakWalikota Sambut 31 Siswa SPN Polda Sulut
Artikulli tjetërSekot Kotamobagu Buka Pelatihan Managemen BUMDes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.