Beranda Berita Utama Panen Perdana Padi Pemkot Kotamobagu dan Kodim 1303 Bolmong

Panen Perdana Padi Pemkot Kotamobagu dan Kodim 1303 Bolmong

352
0
Panen Perdana Padi Pemkot Kotamobagu dan Kodim 1303 Bolmong.

KOTAMOBAGU – Kodim 1303 Bolmong bersama Pemerintah Kota Kotamobagu, Senin (03/10/2016), melakukan kegiatan panen perdana padi sawah, di Kelurahan Motoboi Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Perlu diketahui, gerakan panen perdana padi sawah itu dilakukan bersama pihak TNI Kodim 1303 Bolaang Mongondow (Bolmong), pejabat forum koordinasi pimpinan daerah, serta dihadiri para kelompok tani yang dirangkaikan dengan HUT TNI ke 71.

Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, pada sambutannya, menyebutkan kegiatan panen padi tersebut merupakan salah satu wujud program pemerintah daerah yang memprioritaskan kegiatan pro rakyat.

“Karena produksi pangan itu dibutuhkan oleh masyarakat dan juga seirama dengan program pemerintah pusat dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional,” kata Tatong.

Olehnya, dia berharap produksi beras di Kota Kotamobagu, terus meningkat, meski daerah kita masuk kawasan perkotaan. Namun demikian dengan adanya lahan pertanian, perlu kita berdayakan, sehingga bias menunjang program presiden Jokowi, melalui Nawa Cita di bidang pertanian.

“Daerah kita meski masuk kategori pperkotaan, namun tak boleh ketinggalan dalam rangka swasembada beras, yang menunjang ketahanan pangan kita,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk tahun anggaran 2017, Pemkot Kota Kotamobagu, melalui iinstansi teknis terkait, akan memberikan bantuan bibit untuk para petani melalui Gapoktan.

“Bukan hanya bibit padi, akan tetapi bibit pala, kopi akan dan sejumlah bantuan akan terus kita berikan kepada kelompok tani yang ada di Kotamobagu,” tuturnya.

Kodim 1303 Bolmong, Letkol Inf Sampang Sihotang, pada kesemppatannya mengatakan, pihak TNI akan terus membantu para petani guna mensukseskan swasembada pangan.

“Saya sangat berterima kasih, dengan peringatan HUT TNI ke 71,  kita masih bersama-sama dengan para petani dan Pemerintah Kotamobagu, dalam melaksanakan tugas program pertanian,” kata Sampang Sihotang.

Sekedar diketahui luas tanam padi di Kota Kotamobagu, yang tersebar di empat Kecamatan 2.898 hektare, dengan luas panen 2.744 hekater. Adapun produksi mencapai 15915.2 ton padi.  Sedangkan untuk jagung Kotamobagu memilki 1.394 hektare  dengan luas panen 996 hektare dengan total produksi 15915.2 ton.

Hadir pada kesempatan terdebut, unsur Forkompinda, Kepala SKPD Pemkot Kotamobagu, Gapoktan se Kota Kotamobagu, Lurah dan Sangadi.

(bella ismira lasabuda)

 

 

Artikulli paraprakPemkot Kotamobagu Kucur Dandes Tahap II
Artikulli tjetërWatung Serahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya 2016

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.