Beranda Berita Utama Meninggal 2004 Silam Almarhum RL Tercatat Dosen Aktif di Stie WD Kotamobagu

Meninggal 2004 Silam Almarhum RL Tercatat Dosen Aktif di Stie WD Kotamobagu

227
0
Logo Stie Widya Dharma Kotamobagu.

KOTAMOBAGU – Dua pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Widya Dharma (WD) Kotamobagu, meski telah almarhum RL meninggal tahun 2004 silam, dan MM meninggal sejak 2013 lalu, ternyata masih tercatat sebagai dosen aktif. RL sendiri merupakan pendiri Yayasan Kabela.

Bahkan data yang dikantongi kotamobaguonline.com, menyebutkan, ada sejumlah pejabat yang memegang jabatan strategis di instansi pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Pemkot Kota Kotamobagu, namun toh memiliki profesi ganda sebagai dosen aktif di Stie WD.

Diantaranya, Wima Juniarti PNS Pemkab Bolmong, jabatan salah satu Kabid di BKKBD Bolmong. Sementara di Stie WD, sebagai dosen kepala Program Pendidikan (Prodi) Managemen, dengan status dosen aktif sebagaimana data tercatat dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Demikian juga Zainudin Paputungan, Kepala BKD Pemkab Bolmong, dirinya mengaku sebagai dosen luar biasa di SWD. kenyataannya tercatat dosen aktif dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Meski telah ada warning dari kopertis wilayah IX Sulawesi, melalui Sekretaris Pelaksana (Sekpel), DR Hawignyo, namun managemen Stie Widya Dharma Kotamobagu, tetap cuek bebek dan terkesan mencari keuntungan sepihak tanpa memikirkan nasib para mahasiswa.

Sebelumnya, dijelaskan Sekpel Kopertis wilayah IX Sulawesi, DR Hawignyo menegaskan, menyangkut status dosen di Stie Widya Dharma Kotamobagu, yang terkesan dicatut namanya, itu bukan kesalahan pihak Kopertis. “Melainkan kesalahannya ada di Stie Widya Dharma Kotamobagu sendiri. Sebab tiap semester (Enam Bulan, red), pihak kampus wajib mengup-date atau memperbaruhi data nama dosen sesuai format yang ada. Bila kenyataannya tidak sesuai apa yang dilaporkan, sudah tentu ini adalah sebuah pelanggaran yang harus ditindaki,” tegas Hawignyo.

Hawignyo pun berjanji akan memberikan sanksi kepada managemen SWD Kotamobagu bila mengabaikan tindakan peringatan 1, 2 dan 3, agar untuk segera memenuhi apa yang menjadi kekurangan dan kebutuhan serta ditindaklanjut dengan pernyataan melalui pakta integritas.

“Apabila pihak kampus SWD Kotamobagu, tidak memenuhi apa yang disepakati, maka sudah tentu terancam ditutup aktivitas kampus tersebut,” tegasnya.

Sekedar diketahui, kata Hawignyo menyangkut data dosen harus terperinci dilaporkan ke Dikti dan Kopertis. “Nah, peran managemen kampuslah dibutuhkan untuk meng Up-Date nya. Mana yang dilaporkan secara otomatis akan ditayang di data forlap dosen. Kan pihak managemen kampus sudah memliki user name dan paswordnya. Tinggal bagaimana menginputya. Jadi bukan kami yang menginput pihak kampus lah. Disini yang salah bukan kami melainkan pihak managemen kampus,” urainya.

Terpisah sebelumnya, Ketua Stie WD Kotamobagu, Farida Lasabuda, mengatakan terkait nama dosen yang telah meninggal dalam pangkalan data dikti, masih tercatat dosen aktif, dia beralasan, pihaknya telah melaporkan keberadan dosen tersebut. “Saya telah melaporkan nama dosen yang bersangkutan ke dikti,” aku Farida, belum lama ini.

Farida pun ketika dimintai nama-nama dosen yang aktif pada perguruan tinggi itu, dia tidak mau membeber berapa sebenarnya jumlah dosen pada Stie Widya Dharma Kotamobagu.

Sementara dilaporkan ke Kopertis sebanyak 26 Dosen, berbeda yang disampaikan kepada media ini sebanyak 22 dosen aktif dan dua diantaranya telah mengundurkan diri. Sedangkan yang tercatat sebagai PNS ada 6.

Diketahui keberadaan dosen aktif asal pemkab Bolmong, baru mendapat persetujuan pada saat akhir jabatan Bupati Salihi Mokodongan, tahun 2016 ini.

(muttu alamsyah mokoginta/sugianto paputungan)

 

 

Artikulli paraprakSurvey Hima Kosgoro 1957 Jatim Pabowo Capres Terkuat 2019
Artikulli tjetërWatung Dinilai tak Mampu Tindaki Disiplin ASN di Bolmong

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.