Beranda Berita Utama 231 Bacalon Kepala Desa se Boltim Ikuti Ujian Kompetensi

231 Bacalon Kepala Desa se Boltim Ikuti Ujian Kompetensi

272
0
231 Bacalon Kepala Desa se Boltim Ikuti Ujian Kompetensi
Bupati Boltim, Sehan S Landjar SH, saat menyampaikan sambutan pada pembukaan ujian kompetensi Bacalon Sangadi.

BOLTIM, KC – Sedikitnya 231 Bakal Calon (Bacalon), Sangadi (Kepala Desa, red) di 63 Desa, tersebar di 7 Kecamatan se Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), akan mengikuti Ujian kompetensi. Ujian atau tes ini dilaksanakan, Kamis (20/10/2016), di aula Kantor Bupati lantai 3, dibuka langsung Bupati Sehan S Landjar SH.

Bupati Boltim, Sehan S Landjar SH, dihadapan seluruh Bacalon Sangadi, mengatakan, tes tertulis merupakan satu diantaranya syarat untuk menjadi peserta pada Pemilihan Sangadi (Pilsang), yang serentak sebagaimana direncanakan akan digelar bulan November mendatang.

“Sangadi adalah perpanjangantangan dan kepercayaan Bupati dilingkup Pemerintahan Boltim, sehingga bertanggungjawab langsung kepada Bupati selaku user,” kata Sehan.

Lanjutnya, bagi bacalon Sangadi, tidak ada visi dan misi, namun yang ada adalah visi-misi Bupati dan Wakil Bupati, keseluruhannya wajib diimplementasikan oleh Sangadi terpilih nantinya.

“Sebab dasar pelaksanaan program kerja dilapangan, itu disesuaikan dengan visi-misi daerah atau bupati dan wakil bupati yang dituangkan dalam rencana kerja pemerintah Kabupaten,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menekankan kepada para bacalon Sangadi, terkait kualitas wajib seorang pemimpin melakukan pekerjaan dengan penuh rasa tanggungjawab dan jujur. “Masih lebih baik tidak pintar, tapi jujur. Dari pada pintar, tapi pembohong. Kalau pintar tapi pembohong, yang jadi korban banyak orang, namun kalau tidak pintar tapi jujur maka yang kena dampak hanya dirinya sendiri,” ungkap Eyang, sapaan akrab Sehan Landjar.

Bupati juga menyebutkan ada beberapa kriteria yang harus dimiliki bagi Sangadi sebagai seorang pemimpin. Yakni Ilmu pengetahuan, kepribadian, kemampuan atau kapabilitas, visi pandangan berupa wawasan, jujur dan mempunyai rasa malu. “Ini sangat penting karena kedepan para sangadi akan mengelola Dana Desa dan Anggaran Dana Desa, yang kini semakin besar jumlahnya serta tentunya itu harus dikelola oleh pemimpin yang mempunyai integritas tinggi,” tutur Bupati Sehan Landjar.

Terinformasi, tes kompetensi bakal calon Sangadi tersebut meliputi pengetahuan (knowledge), kemampuan (kapabilitas), kepribadian, wawasan, kecakapan serta kejujuran.

(ismi santri mamonto/hms)

 

Artikulli paraprakY2 Hadiri Konsolidasi DPD Nasdem Bolmong
Artikulli tjetërPendukung SBM-JiTu Hadang Paslon Yasti-Yanny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.