Beranda Berita Utama Landjar Canangkan Tanam Padi Serentak

Landjar Canangkan Tanam Padi Serentak

623
0
Landjar Canangkan Tanam Padi Serentak
Tanam Padi Bersama Warga dan Anggota TNI.

BOLTIM – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan S Landjar SH, mendukung program pemerintah pusat khususnya dibidang ketahanan pangan, dengan mencanangkan tanam padi serentak, dilokasi percetakan sawah baru, Desa Molobog, Kecamatan Nuangan, Senin (19/09/2016).

Pencanangan tanam padi serentak tersebut, Sehan Landjar didampingi Wakil Bupati Drs Rusdi Gumalangit dan Ketua Tim Penggerak PKK Ny Nursiwin Landjar Dunggio, adalah sebuah solusi untuk menghidari adanya import berasa dari luar negeri.

Dalam sambutannya, Sehan mengatakan, penambahan lahan melalui pencetakan sawah baru adalah bagian dari solusi mendukung ketahanan pangan, khususnya di  Boltim dan Indonesia pada umumnya.
“Indonesia dikenal sebagai negara agraris dan memiliki lahan luas serta subur, namun dari tahun ketahun selalu mendatangkan beras import dari Vietnam, Thailand bahkan India,” tutur Sehan Landjar.

Kata dia, salah satu penyebab Indonesia mengimport beras, karena petani di Indonesia pada umumnya kurang maksimal dalam pemanfaatan dan pengolahan lahan pertanian. “Lahan pertanian di negara yang mengeksport beras ke Indonesia lebih kecil, namun negara-negara tersebut lebih maksimal dalam pengolahan,” ungkapnya.

Menurut Bupati, hal lucu lainnya yang terjadi saat ini yaitu petani kita tinggal di kampung, malah membeli sayuran, rempah dan kebutuhan pokok lainnya pada penjual keliling dan itu kemudian dibawah kekebun. “Kalau kita manfaatkan setiap jengkal lahan pekarangan dan perkebunan, akan mengurangi pengeluaran belanja rumah tangga dan itu bisa ditabung untuk membiayai sekolah anak anak kita,” ujarnya.
Diakhir sambutannya, Bupati meminta kepada SKPD terkait agar segera melakukan kalkulasi kebutuhan pangan, pasokan atau ketersediaan masyarakat Boltim. “Hitung kebutuhan, pasokan dan ketersediaan pangan. Ketahanan pangan tidak hanya menyangkut  beras tetapi meliputi, makanan non beras, sayur mayur, rempah, ikan dan lain lain,” imbuhnya.
Diketahui, percetakan sawah baru tersebut dilaksanakan atas kerjasama Pemkab Boltim melalui Dinas Pertanian dengan pihak Kodim 1303 Bolmong.  Pencanangan Tanam Padi Serentak di Boltim tersebar di beberapa desa diantaranya desa Molobog, Nuangan, dan Matabulu.

(ismi santri mamonto)

 

Artikulli paraprakEmpat Praktisi Kotamobagu Adakan Diskusi Terbatas Ekonomi
Artikulli tjetërPemkab dan TNI Seriusi Kedaulatan Pangan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.