Beranda Berita Utama Jelang Idul Adha, Bupati Bolmut Terima Adat Mopopohabaru

Jelang Idul Adha, Bupati Bolmut Terima Adat Mopopohabaru

402
0
Bupati Hadiri Peringatan HUT 224 Bolangitang
Drs Hi Depri Pontoh.

BOLMUT – Memaskuki Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhidjjah 1437 Hijriah/12/09/2016 masehi, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Depri Pontoh, secara resmi menerima prosesi Adat Mopohabaru oleh Aliansi Adat Bolmut, di rumah dinas Bupati, Jumat (09/09/2016). Acara ini rutin dilakukan setiap memasuki 10 Dzulhidjjah.

Dalam kegiatan tersebut, Ki’ Doni Pangulu (Sebutan Adat Bupati Bolmut) menerima kabar tentang perayaan Idul Adha 1437 H serta para petugas yang dipercayakan pada pelaksanaan Sholat Ied, di Kabupaten Bolmut. dimana yang bertugas sebagai Imam Drs Asnawi Bulla, Khatib KH Harsono Misaalah dan Bilal Sahrin Harundja, serta Sholat Idul Adha berjamaah ini akan dilaksanakan Pukul 07.00 Wita, dipusatkan di Lapangan Kembar Boroko.

Drs Hi Depri Pontoh, kepada tokoh ada Bolmut, mengucapkan banyak terima kasih atas inisiatif kepada Aliansi Adat daerah ini.

“Ini merupakan wujud kerja sama masyarakat dalam upaya melestarikan adat dan budaya Bolmut, yang terdiri dari dua etnis besar yaitu Kaidipang Besar dan Bintauna juga etnis lain sudah berkembang serta menjadi bagian dari keragaman masyarakat Bolmut,” kata Depri Pontoh.

Lanjutnya, kepada para petugas yang sudah ditetapkan dan diberi tanggungjawab dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha nanti dapat melaksanakan dengan baik.

“Amanat ini hendaknya dijalankan dengan penuh rasa tanggungjawab,” ujarnya.

Bupati menambahkan sesuai kesepakatan dengan pihak Kepolisian, pada malam takbir tidak akan digelar pawai takbiran menggunakan kenderaan bermotor, melainkan dilaksanakan di masing-masing mesjid.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut (Ki Doni Apango Pangulu) Suriansyah Korompot SH, Sekretaris Daerah DR Asripan Nani MSi, unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmut, Hi Sulaiman Amba SAg, Pimpinan Organisasi Keagamaan Bolmut, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, para Camat, Sangadi Se Kabupaten Bolmut, Tokoh Agama.

(yahya toliu)

 

Artikulli paraprakPemkab Bolmut Siapkan Ratusan Ekor Hewan Qurban
Artikulli tjetërRumah Milik Ortu Ketua DPRD Kotamobagu Ludes Dilalap Jago Merah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.