Gunung Ambang Yang Terlupakan

676 Viewed Eka Pratama 1 respond

Kotamobagu – Bagi para pencinta alam Bolaang Mongondow Raya (BMR) bahkan Sulawesi Utara, Gunung Ambang bukan lah nama  yang asing bagi mereka. Hanya dengan 30 menit perjalanan dari Kota Kotamobagu, kita akan sampai dikaki gunung ambang yang selanjutnya, hanya dengan dua setengah jam perjalanan santai kita akan sampai di base camp untuk mendirikan tenda. Sebelum akhirnya sekitar 30 menit kita akan sampai di puncak gunung ambang.

Bagi para pendaki/pencinta alam, gunung ambang sangat menarik sekali. Dengan binatang-binatang endemik seperti burung-burung, ular, anoa/babi hutan dan binatang-binatang lain yang tersebar di berbagai lokasi yang ada. Jelas Gunung Ambang tidak kalah dengan wisata-wisata pendakian yang tersebar di seluruh indonesia.

Kemudahan pendakian bagi para pendaki pemula, membuat gunung ambang menjadi destinasi terbaik para pendaki BMR dan sekitarnya untuk menikmati keindahan luar biasa yang di tawarkan gunung ambang.

Gunung Ambang termasuk bagian dari tiga kabupaten yang melingkupi minahasa selatan, bolaang mongondow dan bolaang mongondow timur. gunung ambang masuk dalam lingkup kawasan cagar alam yang dilindungi.

keindahan dan kemolekan gunung ambang dengan ketinggian 1795 mdpl sangat disayangkan, tidak dikelola secara serius. keuntungan yang seharus didapat mubajir dan terbuang percuma. Pemerintah Bolaang Mongondow Timur sebagai pemilik wilayah terbesar gunung ambang seharusnya bisa melihat keuntungan yang akan didapat.

Dengan menata track/jalur pendakian serta menyediakan fasilitas penunjang pendakian, tentu pemerintah daerah Bolaang Mongondow Timur dan masyarakat sekitar akan mendapatkan pemasukan dari para turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke gunung ambang dan yang pastinya akan mendatangkan devisa yang banyak.

Sudah saatnya pemeritah daerah Bolaang Mongondow Timur menjual dan menawarkan destinasi indah Gunung Ambang kepada dunia internasional dan menata kelola kembali agar tidak menyesal dikemudian hari.

Endri Tanjung

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
ASN Bolmong Pulang Cepat Terancam Sanksi

Ranperda OPD dan APBD-P Dikonsultasikan ke Kantor Gubernur Sulut

Pajak Restoran dan Hiburan di KK Capai 100 Persen

Pemkot Beri Dispensasi Hotel Bebas Pajak

Related posts
Your comment?
Leave a Reply