Beranda Berita Utama Distanak Periksa Kesehatan Hewan Qurban

Distanak Periksa Kesehatan Hewan Qurban

315
0
Distanak Periksa Kesehatan Hewan Qurban
Ramlah Mokodompis SPt, Kadistanak Pemkab Boltim.

BOLTIM – Jelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya qurban bagi kaum muslimin, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), telah melakukan sosialisasi terkait penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan hewan qurban. Pekan ini juga mulai mengagendakan guna pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak yang nantinya akan disembelih sebagai hewan qurban pada perayaan Idul Adha, Senin (12/09/2016) mendatang.

Kepala Distanak Boltim, Ramlah Mokodompis, mengatakan pihaknya pada pekan kemarin sudah digelar sosialisasi terkait dengan kesehatan serta higienis hewan-hewan yang nantinya akan disembelih (qurban, red) di hari raya Idul Adha 1437 Hijriah.

“Kemarin kita lakukakn penyuluhan kepada warga mengenai kesehatan hewan qurban. kita kerjasama dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) sekretariat Boltim, serta instansi terkait, guna bagaimana kehigienisan daging hewan qurban yang layak dikonsumsi oleh masyarakat kaum muslimin. itu sudah dilakukan,” terang Ramlah kepada kotamobaguonline.com, Rabu (07/09/2016), diruang kerjanya siang tadi.

Tak hanya itu, kata Ramlah, pihaknya akan memeriksa kesehatan seluruh hewan yang dijadikan qurban dari masing-masing wilayah kecamatan, desa bahkan hewan qurban dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Boltim. “Kita akan periksa kesehatannya, mulai hari Jumat pekan ini di Kecamatan Kotabunan, Tutuyan, serta Nuangan dan pada Sabtu itu dijadwalkan di kecamatan Modayag bersatu. untuk Distanak Boltim kita berikan 1 ekor sapi. data total jumlah hewan qurban masing-masing SKPD di Bagian Kesra,” jelasnya.

Dirinya pun berharap, supaya pemeliharaan hewan ternak dapat lebih diperhatikan agar saat pemeriksaan nanti, hewan ternak layak dijadikan untuk dikonsumsi sebagai daging qurban. “Tentunya kami berharap, disamping persyaratan secara syariah, daging qurban nanti harus sehat dan layak dikonsumsi secara higienis oleh kaum muslimin,” ucap Ramlah.

(tr-07)

 

Artikulli paraprakPengadaan Profil Desa tak Sesuai Peruntukan Dandes
Artikulli tjetërLSM Lestari Dukung Polres Usut Perambahan Hutan Negara di Puncak Tonggara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.