Beranda Berita Utama 179 Guru SMA Sederajat di Bolmut Beralih Status

179 Guru SMA Sederajat di Bolmut Beralih Status

246
0
Dikbud Bolmut Teken MoU Bersama PT Telkom dan PLN
Abdul Nazarudin Maloho, Kadikbud Pemkab Bolmut.

BOLMUT Sedikitnya 179 tenaga pengajar di 9 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta Madrasah Aliyah (MA), dilingkup Pemerintah Kab Bolaang Mongondow Utara Ditambah dengan 4 Madrasah Aliyah (MA) status kepegawaiannya akan berubah menjadi guru milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Ke 5 SMA/SMK yang terdaftar di wilayah hukum Pemerintah Bolaang Mongondow Utara terdiri dari: SMA N 1 Pinogaluman, SMA N 1 Bolangitang Barat,  SMA Bolangitang Timur, SMA N 1 Bintauna, SMK Sangkub. Dan 4 Madrasah Aliyah (MA) jumlah total seluruh ada 9 sekolah.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bolaang Mongondou Utara (Bolmut), Abdul Najarudin Maloho SPd MSi, melalui Sekretaris Dinas  Pilemon Gunena S,
saat ditemui kotamobaguonline.com, di ruang kerjanya, Senin (06/09/2016), menjelaskan dari ke 9 sekolah tersebut ada 4 sekolah Madrasah Aliyah  (MA) yg ada di Kab Bolmut yanki MA Buko, MA Bolangitang Barat, MA Kaidipang, dan MA Bintauna. Menurutnya, ada banyak pegawai yang diangkat oleh daerah yang ditempatkan menjadi guru di MA, sehingga mereka  tidak ada yang terkecuali, akan terjadi peralihan statusnya dari naungan pemerintah Bolmut,  menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi.

“Peralihan tersebut mengacu pada Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta dipertegas lagi melalui peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) No 1 tahun 2016. Ini harus kita patuhi dan wajib hukumnya untuk dilaksanakan regulasinya,” Pilemon Gunena.

Dijelaskannya, peralihan status tersebut untuk sekarang hanya kepada guru ASN saja. “Bukan gurunya saja yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi, tetapi soal  pendanaan, sarana dan prasarana serta dokumen adminstrasinya,” tutur Pilemon.

(Yahya Toliu)

 

Artikulli paraprakSi Jago Merah Ngamuk, 1 Rumah di Tumobui Ludes
Artikulli tjetërKopertis IX Sulawesi Ancam Tindaki Managemen Stie WD Kotamobagu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.