Beranda Berita Utama Wujudkan Pemilu Berkualitas

Wujudkan Pemilu Berkualitas

220
0
Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, oleh Bawslu Sulut

KotamobaguOnline.com, BOLMONG – Guna mewujudkan pemilu berkualitas, dalam rangka Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukda), Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun 2017 mendatang, pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (04/08/2016), menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif. Kegiatan tersebut digelar di ruang rapat Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Bolmong.

Sosialisasi yang digagas oleh Bawaslu Propinsi Sulut tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Ch Malonda, Ketua Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu, Jhony Suak, Kaban Kesbangpol Linmas Pemkab Bolmong, Dondo F Mokoginta SH, ketua Panwas Bolmong, Heny Kumayas bersama jajaran, Komisioner KPU Bolmong, pimpinan SKPD, Panwascam, Panwas lapangan, pengawas TPS, pengurus parpol, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama , Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, serta LSM.

Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Ch Malonda, dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat, membutuhkan dukungan dan peran masyarakat dalam pengawasan selama proses berlangsungnya sejak tahapan hingga pelaksanaan Pemilukdan di daerah ini. “Pengawasan partisipatif tersebut melibatkan seluruh staholder karena jajaran pengawas tidak bisa menjangkau seluruhnya terkait kultural masyarakat,” kata Malonda.

Yang terpenting disini kata Malonda, terutama terkait regulasi/rule of game, apakah sudah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. “Ini demi memilih pemimpin yang dihendaki oleh masyarakat,” ujarnya.

Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung SH, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kaban Kesbangpol Linmas Pemkab, Dondo F Mokoginta SH, menyambut baik sosialisasi tersebut sebagai wujud tanggung jawab semua pihak, dalam upaya mensukeskan Pilkada secara langsung aman dan berkualitas .

“Keberhasilan pelaksanaan Pilkada nanti pada hakekatnya dapat diwujudkan apabila seluruh stakeholder dapat memahami dan mencermati proses demokrasi yang berlangsung, untuk kemudian masing masing menjalankan tugas, fungsi, hak dan kewajibannya, guna mendukung dan menjamin suksesnya proses pemilukada,” ujar Dondo.

Ditambahkan olehnya, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, mempunyai peran, tugas, fungsi sesuai dengan aturan serta ketentuan yang berlaku, mendukung, memfasilitasi sekaligus memantau dan mengkoordinasikan terwujudnya kelancaran demi kesuksesan proses Pemilukada, dengan tetap berada pada posisi yang netral.(tan)

 

Artikulli paraprakKembangkan Pariwisata di Bolmong
Artikulli tjetërSuwarni Harumkan Kotamobagu di Ajang MTQ Nasional

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.