Beranda Berita Utama Taman Laut Bunaken Satu Diantara 4 Spot Diving Terkeren di Indonesia

Taman Laut Bunaken Satu Diantara 4 Spot Diving Terkeren di Indonesia

627
0
Panoraman Taman Laut Bunaken

KotamobaguOnline.com, Manado – Taman Nasional Bunaken (Taman Laut Bunaken), merupakan tempat wisata yang berada di kawasan teluk Manado, Sulawesi Utara (Sulut), dengan luas sekitar 8,08 km persegi, tempat wisata ini merupakan salah satu bagian dari pemeritahan kota Manado yang merupakan ibukota Sulawesi Utara, yang terdapat sebuah taman laut yang sangat indah di sekitar pulau Manado Tua (Mantehage dan Siladen).

Nah, untuk menikmati suasana bawah laut Bunaken, harus menyelam kedalam dan bergerak mengikuti irama ombak yang mengalir.

Pesona alam bawah laut yang menakjubkan akan dapat anda temukan disini, ada sekitar 390 spescis terumbu karang  serta jenis terumbu karang yang menjulang terjal vertikal kebawah sedalam sekitar 25–50 meter ada 13 jenisnya. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang disuguhkan oleh sekitar 91 species ikan yang ada di Taman Laut Bunaken. antara lain koi putih (Seriola rivoliana), gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), dan banyak yang lain. tidak hanya itu disini juga banyak ditemukan moluska seperti ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), kima raksasa (Tridacna gigas) dan tunikates atau askidian.

Nah, dengan keindahan panorama alam laut Indonesia menjadi salah satu alasan bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang mencoba ber wisata, menyelam atau diving. Kita patut berbangga, laut Indonesia memiliki biota laut dan terumbu karang yang sangat beragam, bahkan jauh lebih eksotis dibandingkan negara lain.

Berikut ini adalah beberapa spot diving yang terkenal di Indonesia :

  1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken terletak di Manado, Sulawesi Utara. Taman ini terletak di segitiga terumbu karang yaitu ekosistem laut yang paling beragam di dunia, ada spesies karang, ikan dan hutan mangrove terbesar. Hal itu membuat Bunaken sangat kaya akan spesies terumbu karang, moluska, ikan, reptil dan mamalia laut. Sekitar 390 spesies terumbu karang dan sekira 91 spesies ikan ada di taman laut ini.

  1. Raja Ampat

Raja Ampat yang berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, merupakan rumah bagi 75% spesies karang yang ada di seluruh dunia. Penyelam akan melihat beragam moluska dan lebih dari seribu spesies ikan. Selain itu, ada spesies lain seperti pari manta raksasa, kuda laut kerdil, penyu belimbing, dan masih banyak lagi.

  1. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Merupakan gugusan kepulauan membentuk kesatuan, terdiri dari 5 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan sekitar 175 pulau kecil lainya. Salah satu spot favorit penyelam adalah di sekitar Pulau Padar karena dapat melihat kehidupan laut begitu beragam seperti mackerel, kura-kura, hiu, ikan-ikan besar seperti Barramundi Cod, Parrotfish dan sebagainya.

  1. Taman Laut Selat Pantar

Taman Laut Selat Pantar terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Terdapat 26 spot diving seperti Half Moon Bay, Cave Point, The Edge, Shark Close dan masih banyak lagi. Di Shark Close dapat bertemu kumpulan ikan hiu yang dapat didekati, sehingga aman kalau mau berenang bareng ikan hiu.(tan)

Artikulli paraprakCerita Freddy Budiman, Wiranto Minta Jangan Dipolemikan
Artikulli tjetërSerangan Jantung Datang tak Terduga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.