Beranda Berita Utama Sekda Terima Aksi Demo Warga Poigar

Sekda Terima Aksi Demo Warga Poigar

559
0
Sekda Ashari Sugeha saat berdialog dengan warga pendemo

KotamobaguOnline.com, BOLMONG –  Aksi demo damai yang dilakukan masyarakat Desa Tiberias, Kecamatan Poigar, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menolak aktivitas PT Melisa Sejahtera, di Kantor Bupati Senin (01/08/2016), diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Ashari Sugeha, berlangsung aman dan tertib. Diketahui, aksi demo yang menuntut agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab), mencabut ijin perusahaan Melisa Sejahtera yang beroperasi di desa tersebut.

Sekda Drs Ashari Sugeha, menyampaikan terima kasih atas aksi damai yang dilakukan oleh warga serta meminta permakluman dimana disaat bersamaan Bupati Bolaang Mongondow, sedang berada dalam tugas luar daerah dengan agenda kemasyarakatan yang dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Utara.

Menurut Ashari,  hasil laporan masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat, ini akan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Kabupaten Bolmong, dan akan dilaporkan kepada pimpinan daerah untuk pengambilan keputusan lebih lanjut.

“Pemerintah daerah segera menindaklanjuti dengan membentuk Tim evaluasi untuk mengidentifikasi pokok permasalahan yang menjadi aspirasi masyarakat,” kata Ashari.

Ashari juga menambahkan jika terbukti pihak perusahaan tidak memenuhi persyaratan serta melakukan pelanggaran maka pemerintah daerah tidak segan-segan sesuai dengan ketentuan peraturan akan membekukan bahkan sampai pada proses pencabutan  izin operasional perusahaan.

Sementara itu Abner Patras, salah satu warga yang melakukan aksi damai tersebut mengatakan kedatangan mereka ke kantor bupati untuk menuntut agar pemerintah daerah menutup dan menghentikan aktivitas PT Melisa Sejahtera di Desa Tiberias Kecamatan Poigar. “Sesuai hasil investigasi mereka, pihak perusahaan telah melanggar ketentuan-ketentuan yang diduga kuat telah menyalahi ketentuan yang ada,” kata Anmer.

Lanjutnya, akibat dari itu, membuat kehadiran mereka dikantor bupati untuk menyampaikan aspirasi warga terkait dengan pelanggaran-pelanggaran dilakukan pihak perusahaan khususnya kepada warga yang dianggap merugikan masyarakat sekitar beroperasinya perusahaan.

Perlu diketahui aksi unjuk rasa damai yang dilakukan kemarin turut di dampingi oleh Firdaus Mokodompit Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat  Laskar Anti Korupsi Indonesia (LSM LAKI) Cabang Bolaang Mongondow  yang juga bertindak sebagai Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi unjuk rasa damai.

Para pendemo itu sendiri di terima pihak Pemerintah dipimpin langsung dan diterima oleh pemerintah daerah  yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Drs Ashari Sugeha, Asisten I Christofel T Kamasaan, Asisten  II Drs Djek Damopolii, dan instansi teknis diantaranya Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas  Pertambangan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kehutanan dan perkebunan, Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) dan Kepala Badan Kesbang Linmas.(tan)

Artikulli paraprakKotamobagu Raih Prestasi di Festival Bunaken 2016
Artikulli tjetërPj Bupati Hadiri Presentasi Pengembangan TMII

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.