Beranda Berita Utama Sehan Buka Pelatihan Keterampilan Berusaha Bagi Keluarga Miskin

Sehan Buka Pelatihan Keterampilan Berusaha Bagi Keluarga Miskin

214
0
Sehan S Landjar SH

KotamobaguOnline.com, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Selasa (02/08/2016), menggelar Pelatihan Keterampilan bagi Keluarga Miskin melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Program pemberdayaan fakir miskin, komunitas adat terpencil dan penyandang masalah kesejahteraan sosial, bertempat di BPU Desa Tutuyan II.

Kegiatan ini, dibuka secara langsung Bupati Boltim, Sehan S Landjar SH, turut dihadiri Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir Astony Angmalisang, serta sejumlah pimpinan Eselon II dan Eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

Bupati dalam sambutannya, mengatakan, program pemberdayaan masyarakat melalui KUBE dirancang untuk membantu penduduk miskin klaster terbawah berupa pemberian bantuan bersyarat agar mampu mempercepat pencapaian tujuan pembangunan yang didukungoleh program pemerintah ini.

“Dengan program KUBE, diharapkan kelompok usaha keluarga miskin dapat memiliki akses yang lebih baik untuk memanfaatkan pelayanan sosial, ketidakberdayaan dan keterasingan sosial, selama ini melekat pada diri warga miskin,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati mengingatkan kepada ketua-ketua kelompok untuk bertanggungjawab melaporkan perkembangan usahanya, sebab kedepan usaha-usaha yang dinilai berkembang akan diberi bantuan lebih besar. “Ketua-ketua kelompok harus melaporkan secara continue perkembangan usahanya kepada dinas terkait. Kalau usahanya memiliki tren meningkat, pasti tahun depan akan saya tambah bantuannya sesuai kebutuhan,” kata Bupati.

Diketahui, sebagai upaya penanggulangan kemiskinan melalui pendekatan pemberdayaan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Pemkab Boltim, memberikan barang bantuan kepada warga miskin sesuai dengan verifikasi dari Dinas Sosial di tahun 2016 ini. Adapun Jumlah kelompok yang diberikan bantuan sebanyak 65 kelompok tersebar di 5 Kecamatan, dengan rincian untuk Kecamatan Kotabunan jumlah penerima sebanyak 6 kelompok, kecamatan Tutuyan 15 Kelompok, Kecamatan Nuangan 18 Kelompok, Kecamatan Modayag dan Kecamatan Modayag Barat masing-masing 13 Kelompok. Jenis usaha yang diberikan bantuan mulai dari usaha penjual kue/makanan, penjahit, salon, pengrajin, pertanian serta perbengkelan.(ismi)

Artikulli paraprakLelang Jabatan, Sehan Pastikan Agustus SKPD Miliki Pejabat Definitif
Artikulli tjetërDPP PG Siapkan 1 Juta Kader

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.