Beranda Berita Utama Satu Sandera Indonesia Lolos dari Tangan Kelompok Abu Sayyaf

Satu Sandera Indonesia Lolos dari Tangan Kelompok Abu Sayyaf

244
0
anggota kelompok Abu Sayyaf di Basilan, Filipina

KotamobaguOnline.com, MANILA – Mohammad Sayfan (28) adalah salah satu dari tujuh awak sebuah kapal tongkang yang diculik dekat perbatasan Filipina, bulan Juni lalu, berhasil meloloskan diri pada Rabu (17/08/2016). Dia melarikan diri ketika diancam akan di penggal kepalanya.

Sebagaimana data melalui voaindonesia.com, Mohammad Sayfan, seorang pelaut Indonesia lolos dari penculiknnya dari kelompok Abu Sayyaf di Filipina selatan, yang mengancam akan memenggal kepalanya. Dari Enam belas sandera asing lainnya, termasuk sembilan orang Indonesia, masih ditawan oleh kelompok ekstremis yang penuh kekerasan tersebut.

Mayor Filemon Tan, juru bicara militer wilayah ini, mengatakan bahwa Mohammad Sayfan, melarikan diri dari daerah hutan bakau di provinsi Sulu setelah diancam akan dipenggal kepalanya. Ia diselamatkan oleh warga setempat yang menemukannya terapung dan terperangkap dalam jala ikan sepanjang garis pantai.

Pihak Indonesia, Malaysia dan Filipina telah sepakat pada bulan Mei untuk melakukan patroli-patroli yang terkoordinasi. Ketiga negara ini prihatin dengan penculikan, pembajakan dan kejahatan lain yang dapat melemahkan perdagangan di wilayah ini.

Total ada 24 warga Indonesia yang telah diculik oleh Abu Sayyaf tahun ini, menyoroti keamanan yang lemah di Laut Sulawesi yang berbatasan dengan Malaysia, Indonesia dan Filipina. Sepuluh dari sandera ini dibebaskan setelah tebusan dilaporkan dibayar.

Filipina mengatakan pihaknya telah meningkatkan serangan militer melawan militan, yang awal tahun ini memenggal dua warga Kanada yang ditahannya sejak September.

Tan mengatakan selain warga Indonesia, ada lima orang Malaysia, satu Norwegia, satu Belanda dan setidaknya lima warga Filipina yang masih disandera Abu Sayyaf.

Amerika Serikat dan Filipina memasukkan Abu Sayyaf, yang memiliki lebih dari 400 pejuang bersenjata, ke dalam daftar organisasi teroris.(vic)

 

 

Artikulli paraprakPedagang Asongan Kecepritan Rejeki di HUT RI ke 71
Artikulli tjetërSiswa MI Baitul Makmur Kotamobagu Siap Bersaing di KSM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.