Beranda Berita Utama Polres Panggil Oknum Diduga Pelaku Pengrusakan Hutan di Puncak Tonggara

Polres Panggil Oknum Diduga Pelaku Pengrusakan Hutan di Puncak Tonggara

170
0
Polres Panggil Oknum Diduga Pelaku Pengrusakan Hutan di Puncak Tonggara
AKP Anak Agung Gede Wibowo Sitepu SIK, Kasat Reskrim Polres Bolmong

BOLMONG – Menyusul adanya dugaan kasus pengrusakan wilayah kawasan Hutan Lindung (HL) dan Hutan Produksi Terbatas (HPT), dengan luas tak kurang dari 70 hektare di puncak Tonggara, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), oleh beberapa oknum pelaku, terus diseriusi  oleh pihak penyidik di Mapolres Bolmong.

Kapolres Bolmong AKBP Wiliam A Simajuntak SIK SH MH, melalui Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) AKP Anak Agung Gede Wibowo Sitepu SIK, kepada sejumlah wartawan, Selasa (30/08/2016), menegaskan, pihaknya saat ini terus mendalami masalah perusakan hutan tersebut serta akan memanggil sejumlah oknum yang terkait dalam kasus ini.

“Kami sudah beberapa kali turun ke lokasi dimana hutan yang dibabat itu, titik kordinatnya  masuk dalam wilayah HPT dan sebagian Hutan Lindung (HL) berdasarkan petunjuk GPS,” terang Sitepu, seraya menegaskan pihaknya akan segera memangil Ko’  Acen, salah satu  pengusaha Kotamobagu, terduga yang melakukan perombakan hutan tersebut.

Lanjut Kasat Reskrim Polres Bolmong, pemanggilan kepada Ko’ Acen, tak lain untuk memintai keterangan terkait keterilbatannya dalam kasus dugaan pengrusakan hutan lindung dan hutan produksi terbatas, yang merupakan milik negara.

“Kami terus melakukan pengembangan penyelidikan kasus ini dan pekan ini juga sejumlah pelaku terkait akan dipanggil termasuk Ko’ Acen,” tegas Sitepu.

Dikatakannya, berbagai informasi yang diperoleh pihak Mapolres Bolmong dilapangan mulai dari masyarakat, hingga instasi terkait  dalam hal ini Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, terduga perombakan hutan ini menjalakan aktifitasnya bukan hanya sebatas di Puncak Tonggara saja.

“Bukan hanya hutan di wilayah Bolmong saja yang dirusaki, akan tetapi ada juga beberapa titik masuk dalam kawasan Hutan Lindung pun masuk wilayah Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), pada kenyataannya telah di babat para oknum terduga itu,” tutur Sitepu.

Sekedar diketahui, sebelumnya, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Pemkab Bolmong, Imran Nantudju, telah beberapa melayangkan surat peringatan kepada terduga pelaku pengrusakan hutan diwilayah kawasan HL dan HPT, namun mereka tak menggubrisnya.

(Djuh Riani Walahe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.