Beranda Lifestyle Pertahankan Budaya Mogama’ Puluhan Tahun Hidup di Rantau

Pertahankan Budaya Mogama’ Puluhan Tahun Hidup di Rantau

483
0

KotamobaguOnline.Com – Berpuluh tahun hidup di rantau orang, ternyata tidak menyurutkan kesadaran Haji (Hi) Said Lasabuda, untuk tetap menjaga budaya dan tradisi Bolaang Mongondow. Pria paruh baya ini, berupaya menanamkan nilai-nilai kemongondowan yang dia anut sejak kecil lahir di tanah Totabuan, hingga dia mencoba peruntungan di ibukota Jakarta, hingga sukses dalam karir dan usaha, serta berkeluarga.

Suami tercinta dari Hajjah (Hj) Sri Ernawati tersebut, tetap mengajarkan kepada anak-anaknya yang sudah lahir dan tinggal di Jakarta, bahwa tradisi tanah leluhur Mongondow, harus dijaga dan dilestarikan. “Sebagai ciri khas dan identitas kita sebagai orang Mongondow, saya tetap ajarkan tradisi Mongondow kepada keluarga saya, walau sudah puluhan tahun saya tidak lagi menetap di sana,” kata Said, saat bersua dengan media ini, pekan lalu.

Buktinya, pesta pernikahan putra kedua mereka, Rizky S.E Lasabuda B.Asc dan Syahidah Rilyadi, BA (Hons), putri keluarga Hi Achmad Rilyadi dan Hj Yurnalis Adam, asal Padang, setelah lebih dulu melaksanakan resepsi pernikahan di Jakarta, keluarga Lasabuda bersama kerabat dan keluarga besar dari Mokoagow, Baaman, Kadengkang, dan Damopolii, menggelar acara adat Mogama’ secara besar-besaran di Kotamobagu.

Adat Mogama’ ini digelar di Ballroom hotel Sutan Raja Kotamobagu, pada Minggu (7/8). Pelaksanaan ritual adat serta resepsi, dilaksanakan oleh keluarga besar terkait secara hikmat dan melibatkan banyak orang sebagai pelaksana, serta ribuan tamu undangan. “Kami melaksanakan acara ini bukan bermaksud apa, selain silaturrahmi dengan keluarga besar, juga untuk melepas rindu kami sekeluarga terhadap tanah kelahiran, Totabuan tercinta ini,” ujar Said, setengah terharu.

Di sela-sela acara, para undangan memberikan selamat kepada mempelai serta kedua orang tua mereka. Tidak lupa, beberapa sahabat lama, turut bersalaman dan melepas rindu setelah lama tak bersua. Tak lepas, sejumlah sahabat dekat haji Said, serta keluarga dekatnya, sampai menitikkan air mata haru, karena pertemuan yang sudah lama mereka mimpikan ini.

Tidak lupa, keluarga besar Lasabuda serta kerabatnya, menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak baik keluarga maupun kerabat yang telah turut membantu hingga suksesnya acara tersebut. “Saya tidak bisa membalas dengan materi, namun acara kami ini telah sukses dan sesuai harapan, walau di sana-sini masih terdapat kekurangan. Namun, syukur alhamdulillah, semuanya telah tulus membantu dan semoga Allah SWT memberikan ganjaran setimpal. Kami sekeluarga menyampaikan limpah syukur dan banyak terima kasih,” pesan Said, didampingi istri tercinta, anak-anak dan keluarganya. (*)

 

KELUARGA BESAR; Lasabuda, Mokoagow, Baaman, Kadengkang, Damopolii

Pengantin Pria: Rizky S.E Lasabuda, B.Asc

Pengantin Wanita: Syahidah Rilyadi, BA (Hons)

Orang Tua Pengantin Pria: Hi Said Lasabuda dan Hj. Sri Ernawati

Orang Tua Pengantin Wanita: Hi Achmad Rilyadi dan Hj Yurnalis Adam (Padang)

Artikulli paraprakHerson “Semprot” Pimpinan SKPD Lalai
Artikulli tjetërWalikota Beri Dukungan Pramuka Kwarcab Kotamobagu Ikut Jambore Nasional di Jakarta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.