Beranda Berita Utama Pemkab Bangun Klinik Kesehatan Hewan

Pemkab Bangun Klinik Kesehatan Hewan

336
0
Pemkab Bangun Klinik Kesehatan Hewan
Illustrasi

BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), merencanakan akan membangun klinik kesehatan untuk hewan peliharaan, di Desa Iyok Kecamatan Bolangitang Barat.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian Perternakan Kehutanan dan Perkebunan (Dispertanakbuthun), Ir Zakaria Babay, melalui Kepala Bidang Perternakan, Zulkan Pohontu SPt, Jumat (27/08/2016).

“Kami telah merencanakan membuka klinik kesehatan hewan percontohan yang akan dipusatkan di Desa Iyok, yang fungsinya sebagai pelayanan jasa kesehatan hewan dan konsultasi, penyebaran informasi serta edukasi,” tutur Zulkan Pontoh.

Lanjutnya, mengapa kliik tersebut harus dibangun, karena ini merupakan kebutuhan serta di Kabupaten Bolmut, memiliki beragam populasi ternak, diantaranya sapi, kambing, babi, unggas, anjing, kucing dan lainnya.

Dikatakan Zulkan Pontoh, pihaknya sangat menyangkan dalam hal pelayanan kesehatannya belum terlalu maksimal. “Ini disebabkan Pusat pelayanan Kesehatan Hewan belum bisa menjangkau sampai kepelosok yang jauh dari ibukota kabupaten,” ujarnya.

Perlu diketahui tugas dan fungsi klinik kesehatan hewan ini, adalah untuk menyebarkan informasi kesehatan melalui metode tatap muka, maupun melalui media informasi lainnya. “Nantinya klinik ini berfungsi sebagai sarana pelayanan, konsultasi dan edukasi seperti pelatihan, magang dan praktek. Sasarannya untuk para petani peternak di daerah ini,” tuturnya, seraya menambahkan, dibangunnya klinik tersebut, berdasarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan.

(Gandhi Goma/Yahya Toliu)

 

Artikulli paraprakGubernur Sulut Apersiasi Pengibaran Bendera di Bawah Laut
Artikulli tjetërBupati Boltim Diminta Copot Pejabat tak Kooperatif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.