Beranda Berita Utama Kuba Rayakan Ultah Ke-90 Fidel Castro

Kuba Rayakan Ultah Ke-90 Fidel Castro

201
0

KotamobaguOnline.com, Havana – Pada hari ini, Sabtu 13 Agustus 2016, para warga Kuba sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti salah satu perayaan penting di negaranya. Pasalnya, pada hari ini, Fidel Castro genap berusia 90 tahun.

Dilaporkan, di penjuru Kota Havana banyak terlihat bendera serta billboard yang bertuliskan “Gracias, Fidel” (terima kasih Fidel) sebagai salah satu bentuk apresiasi warga terhadap sosok Fidel Castro yang berulang tahun ke-90 pada hari ini. Fidel Castro sendiri merupakan tokoh revolusi di Kuba yang berhasil menggulingkan pemerintahan yang bersifat diktator pada 1959.

Semenjak itu, ia bersama penerus di partainya berhasil memimpin Kuba selama hampir setengah abad. Selain untuk memperingati hari ulang tahun (ultah) Fidel Castro, perayaan ini juga membuat warga Kuba mengingat sosok Fidel yang berhasil menasionalisasikan perekonomian Kuba serta menghilangkan pengaruh Barat di negara tersebut.“Fidel merupakan (sosok yang jadi) contoh untuk seluruh dunia. Ia merupakah tokoh yang hebat atas semua jasanya yang ia lakukan untuk negara kami,” ujar Yoelmis Mengana, salah satu warga di Havana, sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu (13/8/2016).

Namun, sosok Fidel juga tidak terlepas dari kontroversi, sebab dasar politik dan ekonomi yang ia bangun di Kuba memiliki gaya komunis era Uni Soviet. Karena itulah kebebasan warga Kuba pun dianggap terkekang dan perekonomiannya sedikit tertinggal di masa modern saat ini.

Namun semenjak adik dari Fidel, yakni Raul Castro memimpin Kuba pada 2008, keadaan di negara tersebut lebih bersifat terbuka serta perlahan berubah. Pasalnya, Raul telah membuka kerja sama kembali dengan Amerika Serikat (AS) pada 2015 (di mana hubungan diplomatis Kuba-AS terputus pada 1961) dan menggeser sistem ekonomi berbasis komunis. Walaupun sosok Fidel sebagai pemimpin Kuba telah digantikan, Fidel tetap dianggap oleh warga Kuba sebagai tokoh yang sangat penting dan ia memegang gelar sebagai pemimpin bersejarah. (oz)

 

Artikulli paraprakSatpol-PP Menang Telak Lomba Tarik Tambang
Artikulli tjetërCara Bang Ali Lindungi Guru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.