Beranda Berita Utama Resmi Sandang Gelar Ki Sinungkudan, Pj Bupati Terima Tongkat Kebesaran

Resmi Sandang Gelar Ki Sinungkudan, Pj Bupati Terima Tongkat Kebesaran

188
0

KotamobaguOnline.com, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nikson Watung SH, resmi sandang gelar Ki Sinungkudan in Bolaang Mongondow, Selasa (26/07/2016). Ini menyusul dengan prosesi penyerahan ‘Tungkud’ (tongkat) kebesaran dari mantan Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan kepada Nikson dalam upacara penyambutan secara adat yang digelar Pemkab Bolmong di halaman kantor Bupati Bolmong.

Dalam acara itu, Nikson Watung bersama istri dengan memakai baju adat Mongondow dalam hal ini Baniang dijemput langsung oleh sesepuh adat Bolmong Chairun Mokoginta.

Usai prosesi penjemputan adat di halaman kantor Bupati yang dirangkaikan dengan penyerahan ‘Tungkud, rombongan Penjabat Bupati Bolmong dan beberapa pejabat lain serta para tokoh adat memasuki ruang kerja Bupati, dimana saat memasuki ruangan tersebut, dilakukan dengan prosesi adat terakhir seraya mempersilahkan Nikson untuk menduduki kursi Bupati yang merupakan symbol sebagai singgasana adat tertinggi di wilayah Bolmong.

Sekretaris Daerah kabupaten Bolmong Drs Ashari Sugeha sebelumnya mengatakan jabatan Bupati Bolmong merupakan posisi sacral dalam pemerintahan di daerahnya, dimana posisi itu sendiri melekat tiga jabatan yang disandang oleh pemimpin di daerah itu. “Selain pemimpin pemerintahan, Bupati juga merupakan pemimpin adat tertinggi dan juga pemimpin ritual keagamaan di wilayah Bolmong,” ucap Ashari. (tan)

Artikulli paraprakDPRD Evaluasi LKPJ Walikota
Artikulli tjetërSosialisasi Program Pamsismas III Digelar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.