Beranda Berita Utama Pj Bupati Pimpin Rapat Kerja dan Sosialisasi BUMDes

Pj Bupati Pimpin Rapat Kerja dan Sosialisasi BUMDes

327
0
Rapat Kerja dan Sosialisasi BUMDes

KotamobaguOnline.com, BOLMONG – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), mempunyai peran inti dalam pengelolaan destinasi wisata,  sebagai potensi  sumber pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta potensi-potensi lainnya.

Demikian awal sambutan yang disampaikan Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Adrianus Nixon Watung SH, saat memimpin rapat kerja dan sosialisasi BUMDesa, dalam rangka memperkuat koordinasi  antar pemerintah daerah, kecamatan dan desa serta pemerintah kabupaten.

Kegiatan bernuansa serimonial ini, di gelar di ruang rapat Asisten administrasi Umum, sekretariat Kantor Bupati Bolmong, Kamis (29/07/2028), diikuti oleh seluruh Camat dan Sangadi (Kepala Desa, red)  se Kabupaten.

Rapat kerja ini langsung di pimpin Pj Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung SH, turut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Ashari Sugeha.

“Kegiatan ini, merupakan rapat kerja perdana bersama seluruh camat dan sangadi se Bolmong, merupakan wujud implementasi salah satu dari 9 agenda Nawacita Presiden RI, Jokowi, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI,” kata Watung.

Lanjutnya, sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Nomor 04 Tahun 2015, bahwa BUMDesa  adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki desa, melalui penyertaan secara langsung berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan, guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

“Bumdes didirikan atas prakarsa dari pemerintah desa dan masyarakat desa yang ditetapkan dengan peraturan desa, dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain potensi usaha ekonomi desa, sumber daya alam desa, sumber daya manusia yang mampu mengelola serta penyertaan modal dari pemerintah dan masyarkat desa,” tuturnya.

Olehnya, Nixon berharap dengan dilaksanakan rapat kerja ini agar desa dapat mendirikan BUMDes, sebagai upaya untuk menampung seluruh kegiatan dalam bidang ekonomi dana pelayanan umum yang dikelola desa sehingga tercipta kerja sama antar desa yang dapat meningkatan perekonomian rakyat.

“Perannya sangat luas di Desa,  termasuk pengelolaan potensi-potensi yang belum digarap khususnya pada sektor destinasi wisata, sektor pertanian, sektor tambang,” ujarbnya.

Nixon juga menekankan kepada seluruh komponen masyarakat bolmong untuk memacu  pertumbuhan ekonomi suatu kawasan seperti kabupaten Bolaang mongodow ini, maka diperlukan komitmen bersama antara pemerintah dan kerja sama  masyarakat untuk meningkatkan etos kerja, mengoptimalkan potensi ekonomi wilayah lewat peningkatan serta optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian dengan komoditas export maupun pemenuhan kebutuhan pasar dalam negeri. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Drs Ashari Sugeha, para Asisten Setda, Kepala BPMD, Kabag Pemerintahan, Kabag Pemdes, Camat dan Lurah, sangadi se kabuapten Bolaang Mongondow.(adit)

Artikulli paraprakWatung Buka Bimtek Penyusunan RPJMD dan Renstra
Artikulli tjetërTahapan Pelaksanaan Pilsang Jalan Ditempat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.