Beranda Terkini Ikatan Keluarga Minang (IKM) BMR Gelar Halal bi Halal

Ikatan Keluarga Minang (IKM) BMR Gelar Halal bi Halal

275
0
Foto bersama Ketua IKM BMR Nasrun Koto SH MH dan Hi Jainudin Damopolii saat acara Halal Bi Halal

Kotamobaguonline.com, Ikatan Keluarga Minang (IKM) Bolaang Mongondow Raya, Minggu (24/07) lalu, menggelar halal bi halal, yang dilaksanakan di Restouran Telaga Korot, berlangsung penuh kekeluargaan.
Ketua IKM BMR, Nasrun Koto SH MH, mengatakan tujuan pelaksanaan hajatan ini untuk lebih mempererat tali silahturrahin sesama warga berasal dari Sumatera Barat, biasa di kenal dengan berdarah Minang, khususnya yang ada di BMR.
“Kami keturunan asal perantauan Minang, telah mendeklarasikan IKM BMR, dengan maksud dan tujuan lebih mempererat tali silaturahmi sesama pendatang dari Sumatera Barat, yang ada di negeri orang,” kata Nasrun.
Dikatakan Nasrun, IKM sendiri dibentuk dengan motto, dimano bumi dipijak di sinan langik di junjung (Dimana tanah di injak di sana langit dijunjung). Dimano sungai dikali di sinan aia disauak (dimana sungai di gali disana air diambil). Dimana nagari diunyi disinan adat dipakai (dimana negeri dihuni disana adat yang dipakai).
“Dengan pedoman ini, membuat para perantau lebih mudah untuk bersosialisasi dan beradaptasi bersama masyarakat disekitar mereka,” ucapnya.
Nasrun sendiri mengawali dalam sambutan pembukaannya, mengatakan, atas berkah dan rahmat atas limphan dari Allah SWT, sehingga dapat menyelenggarakan acara ini demi mendekatkan diri antara sesama pendatang khususnya yang berdarah minang dan pendatang dari daerah lain.
“Kita berupaya menjaga talisilaturrahim, terutama dengan masyarakat BMR umumnya serta Pemerintah di daerah,” ujarnya.
Wakil Wali Kota Kotamobagu, Drs Hi Jainuddin Damopolii, pada hajatan tersebut selaku pemerintah, dirinya sangat sengn karena suasana, keramahan masyarakat padang, adat istiadat, agama yang kuat.
“Pemerintah pada prinsipnya sangat wellcom dengan para pendatang yang ingin tinggal di daerah ini. Termasuk para perantau asal Sumatera Barat,” kata Jainuddin.
Disatu sisi, Hi Ahmad Husain SAg, pembawa hikmah Halal bi halal, menyampaikan dengan membangun serta mempererat talisilautrrahim merupakan suatu hal yang baik dan patut kita jalani sesama umat manusia yang ada di muka bumi ini.
“Dengan jalinan talisilaturrahim, yang kita jaga, nantinya akan terasa nuansa yang penuh keakraban dan kekeluargaannya,” katanya.
Usai penyampaian hikmah halal bi halal, kegiatan itu ditutup dengan menikmati sajian makanan khas Padang.(bella)

Artikulli paraprakPilbup Bolmong PDIP-PAN “Cerai”
Artikulli tjetërWatung Buka Bimtek Penyusunan RPJMD dan Renstra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.