Beranda Bolmut Puncak BBGRM Sulut di Bolmut Sukses Digelar

Puncak BBGRM Sulut di Bolmut Sukses Digelar

262
0

KotamobaguOnline.com – Puncak pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke XIII tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2016 dipusatkan di Lapangan Kembar Boroko Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Kegiatan BBGRM tahun 2016 yang mengangkat tema “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat kita daya gunakan peran Lembaga masyarakat Desa sebagai Mitra Pemerintahan Desa “dilaksanakan oleh seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut selama satu bulan penuh dengan berbagai kegiatan nyata gotong royong di bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan agama serta bidang lingkungan sesuai prioritas kebutuhan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan dalam penguatan integritas sosial melalui kegiatan gotong royong untuk mencapai masyarakat Sulut yang adil dan makmur menuju keluarga sehat sejahtera.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, pada sambutannya menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada para peserta kegiatan BBGRM di Bolmut.” Ini merupakan motivasi bagi kami untuk lebih menggelorakan semangat gotong royong di bumi Nyiur Melambai dalam mendukung terwujudnya Sulut yang Berdikari dalam ekonomi, Berdaulat dalam Pemerintahan dan politik, serta berkepribadian dalam budaya”ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan kegiatan ini sangatlah penting dan strategis guna mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan pedesaan. Karena itu, dibutuhkan dukungan partisipasi seluruh komponen masyarakat sehingga program BBGRM benar-benar merupakan pembangunan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat.

”Gotong royong merupakan ciri khas budaya Bangsa Indonesia, namun seiring perjalanan waktu rasa kebersamaan dan gotong royong semakin memudar”.ungkap Bupati juga mengajak untuk menggalakkan budaya gotong royong masyarakat melalui lembaga-lembaga kemasyarakatan yang ada di pedesaan.” Mari kita terus tingkatkan gotong royong”ajak Bupati Pada acara puncak BBGRM dilaksanakan penandatanganan mou tentang penguatan ketahanan pangan klaster terintegrasi sapi dan tanaman padi antara kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut dengan Pemerintah Kabupaten Bolmut, dan rangkaian kegiatan yang merupakan kerja sama antara pemerintah Provinsi Sulut dan Bolmut, diantaranya pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, penyerahan bantuan bibit tanaman kehutanan 11.000 batang bibit, penyerahan secara simbolis dana desa dan alokasi dana desa tahap I 60 % untuk 95 Desa sejumlah 43.308.000.086, penyerahan bantuan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) melalui kegiatan Toko Tani Indonesia (TII) tahun 2016, penyerahan bantuan bibit padi dan jagung kepada kelompok tani, penyerahan secara simbolis kenderaan roda dua kepada penyuluh pertanian dan tenaga kesehatan,

penyerahan trophy Juara lomba Arsip Desa tingkat kabupaten Bolmut tahun 2016 dan Tropy Juara berbagai lomba dalam rangka HUT Ke 9 Kabupaten Bolmut. Dalam acara tersebut, dilaksnakan juga penyerahan Kapal Longboat dari Pemerintah Provinsi Sulut kepada Kelompok Nelayan Bolmut, serta peresmian Pasar Rakyat Boroko dan bangunan kantor Pemerintah Kabupaten Bolmut oleh Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O. E. Kandouw.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Gubernur menegaskan momentum BBGRM menjadi upaya untuk memerangi kemiskinan di Sulut. “Tidak usah malu mengakui angka kemiskinan di Sulut cukup besar, sebaliknya ini harus menjadi motivasi bagi kita untuk menuntaskan kemiskinan di daerah ini. Butuh kerja sama dari setiap elemen masyarakat, apapun caranya, apapun upaya yang akan di jalankan”.Kata Wagub.

Selain itu Wakil Gubernur juga mengatakan kegiatan BBGRM merupakan saat yang tepat untuk menggerakan masyarakat berperan aktif dalam proses pembangunan. Pemerintah Daerah boleh memasang target tapi semua kembali lagi tergantung pada masyarakat. Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sulut dr. Kartika Devi Kandouw Tanos, Unsur Forkopimda Provinsi Sulut, Para Bupati dan Walikota se Provinsi Sulut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut Dr. Peter Jacobs, Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Ketua DPRD Kabupaten Bolmut Karel Bangko, SH, Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, SH, Unsur Forkopimda Kabupaten Bolmut, Pimpinan SKPD dan Jajaran Aparatur serta masyarakat. (pik)

Artikulli paraprakBupati Bolmong Resmikan Terminal Aspal Curah
Artikulli tjetërBupati Bolmong Minta Warga Dukung Pelebaran Jalan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.