Beranda Boltim Pemkab Boltim Bangun IPAL

Pemkab Boltim Bangun IPAL

260
0
Sjukri Tawil

KotamobaguOnline.com, Boltim – Pemerintah Daerah (Pemda) membangun enam unit Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal di lima kecamatan senilai Rp 2.838.036.200. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boltim, Sjukri Tawil mengatakan pemda terus melakukan pembenahan infrastruktur termasuk lingkungan pemukiman masyarakat. “Setiap tahun kita anggarkan pembangunan IPAL komunal di lima kecamatan. Tahun ini ada enam unit yang akan dibangun,” katan Tawil.

Sarana ini sebagai upaya mengatasi air limbah rumah tangga, mencegah masalah estetika lingkungan dan menurunkan angka penyakit. “Seiring dengan terus dilakukan pembenahan akan terjadi perubahan paradigma dalam masyarakat,” tegasnya. Jika sistem sanditasi lingkungan tak dibenahi, bisa menjadi penyebab masyarakat rentan penyakit. “Limbah rumah tangga bisa mempengaruhi air sumur,” ucapnya.

Katanya, dua unit akan dibangun di Kecamatan Nuangan dengan anggaran masing-masing Rp 442,7 juta sedangkan empat unit dibangun di kecamatan Tutuyan, Kotabunan, Modayag dan Modayag barat dengan anggaran masing-masing Rp 488,1 juta. “Pengerjaan ini akan dilakukan secara swadaya oleh kelompok masyarakat setempat,” bebernya.

Setiap unit akan mampu manampung limbah dari 60 kepala keluarga. “Didalam ada bakteri yang akan mengurai limbah, sehingga tong penampungan tak akan penuh,” ucapnya.(Sis)

Artikulli paraprakDua Puskesmas di Boltim Siap Diakreditasi
Artikulli tjetërTiga Perda DI Bolmong Di Batalkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.