Beranda Boltim Dua Puskesmas di Boltim Siap Diakreditasi

Dua Puskesmas di Boltim Siap Diakreditasi

210
0
Eko Marsidi

KotamobaguOnline.com, Boltim – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mempersiapkan dua puskemas untuk diakreditasi Kementerian Kesehatan. Hal ini dikatakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, Eko Marsidi. Menurut Eko, sesuai peraturan kementerian kesehatan, semua Puskemas wajib dikreditasi selambatnya 2019.

“Tahun ini kita usulkan Puskemas Modayag dan Puskemas Kotabunan dari tujuh puskemas yang ada di Boltim,” beber Marsidi, minggu (12/6).

lanjutnya, kedua puskemas ini dinilainya layak karena tenaga kesehatan dan sarana prasarana sudah memadai. “Kalau rawat inap paling kurang 29 tenaga kesehatan dan puskemas rawat jalan 22 tenaga medis baik dokter, perawat, bidan, sanitasi, apoteker, analis. Di Boltim, dokter umum saja sudah 8 orang di puskemas,” tegas Marsidi.

Marsidi juga menambahkan, Penilian akreditasi oleh tim kemenkes akan dilakukan sekitar Oktober. Sehingga Dinkes memiliki waktu untuk mempersiapkan kedua puskemas tersebut. “Kita sudah melakukan pendampingan penyusunan dokumen di Puskemas Kotabuan dan Untuk puskesmas Modayag pekan depan. Kita akan persiapkan hingga September,” ungkapnya.

Pihaknya melakukan perbaikan dokumen, aset dan audit internal. “Akreditasi ini dalam rangka untuk jaminan mutu pelayanan kepada pasien,” ucapnya.

Usai dinkes Boltim melakukan pendampingan. Maka pihaknya akan mengundang Dinkes Sulut untuk melakukan hal serupa untuk persiapan akreditasi. Setelah itu Dinkes akan menyurat ke Kemenkes bahwa sudah siap diperiksa oleh tim independen. “Tahun depan kita usulkan Puskemas Nuangan dan Puskemas Tutuyan,” pungkasnya.(sis)

Artikulli paraprakRemaja Masjid At-Tawwab Gelar Safari Ramadhan
Artikulli tjetërPemkab Boltim Bangun IPAL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.