Beranda Bolmong Bantuan Keluarga Harapan Sudah Masuk Ke Provinsi

Bantuan Keluarga Harapan Sudah Masuk Ke Provinsi

170
0
Kepala Dinas Sosial Pemkab Bolmong Lutfi Limbanadi

KotamobaguOnline.Com, Bolmong –Dinas Sosial Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) belum bisa memastikan kapan Bantuan iuran dan program keluarga harapan akan disalurkan, mengingat saat ini sementara diusulkan ke Dinas Sosial Provinsi.

“Yang pasti kami sudah usulkan ke Dinsos Provinsi, jumlahnya  berdasarkan data miskin Kementerian Sosial RI,” ucap Kadis Dinsos Lutfi Limbanadi.

Limbanadi menjelakan, saat ini data miskin di Bolmong dari Kementerian Sosial RI terdapat sekitar 104,781 jiwa.

“Jaminan Kesehatan Nasional untuk penerima Bantuan iuran sebanyak 18.806 kepala keluarga atau 94.853 jiwa dan Program Keluarga Harapan sekitar 5.100 kepala keluarga atau 9.928 jiwa,” tuturnya.

Limbanadi mengatakan, bagi penerima program keluarga harapan paling rendah dengan kategori keluarga yang memiliki satu anak sekolah dasar dapat Rp 500 ribu pertahun.

“Ini khusus penerima yang paling rendah, berbeda dengan keluarga yang memiliki banyak anak dapat lebih besar,” terangnya.

Sementara penerima paling besar Rp 3,2 juta pertahun, itu baru satu jenis bantuan dari penerima belum lagi program pemerintah seperti KIS, KKS, Raskin, PKH, KIP. “Total Rp 64 Miliar setiap tahun dianggarkan melalui anggaran APBN bagi masyarakat miskin,” jelas Limbanadi.

Limbanadi menegaskan untuk syarat antara lain kartu Keluarga Sejahtra, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Perlindungan Sosial, Kartu Raskin, Program Keluarga Harapan, KTP, KK, dan surat keterangan miskin dari Sangadi. “Jika tidak memenuhi syarat maka Dinsos tidak akan melakukan proses kepada calon penerima Bantuan,” terangnya.

Jika tidak memasukan syarat tidak bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. “Jika tahun-tahun sebelumnya untuk syarat penerima bantuan pemerintah tidak terlalu banyak tapi tahun ini semakin diperketat agar terhindar dari kesalahan data,” jelas Limbanadi. (Aji)

Artikulli paraprakPembahasan KUA PPAS Mulai Disiapkan
Artikulli tjetërTPP Guru Cair Pekan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.