Beranda Bolmong Armed Bogani Lolak Gelar Panen Raya Jagung

Armed Bogani Lolak Gelar Panen Raya Jagung

209
0
Yon Armed Panen Jagung

KotamobaguOnline.Com, Bolmong – Dalam menopang Program Pemerintah tentang gerakan ketahanan pangan seperti padi, jagung, kedelai guna menuju swasembada pangan nasional mendapat dukungan penuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 19/105 Tarik Bogani Bolaang Mongondow.

Hal itu terbukti dengan panen raya jagung di Desa Mongkoinit Kecamatan Lolak yang dilakukan Yon Armed 19/105 Tarik, Jumat (11/3/2016).

Menurut Komandan Yon Armed 19/105 Tarik, Mayor Arm Fajar Catur Prasetyo SE berkata bahwa kegiatan tersebut mengambil tema Program Ketahanan Pangan Peningkatan Produksi Jagung Yon Armed 105 Tarik Tahun Anggaran 2016.

“Panen raya ini terlaksana berkat adanya kerjasama antara masyarakat di sekitar Yon Armed 19 dengan anggota Yon Armed 19, yang mana di dalam penanaman dilakukam dengan cara bibit dan pupuk disiapkan oleh Yon Armed kemudian penanaman serta pemupukan dilakukan oleh masyarakat petani di sekitar Yon Armed,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam proses tersebut Yon Armed sudah memiliki tenaga handal yang telah dilatih oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bolmong. Setelah panen kemudian hasilnya akan dibagi dua dengan masyrakat yang telah melakukan penanaman dan pemupukan.

“Dari kegiatan ini diharapkan kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan rakyat di dalam ketahanan pangan dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Letda Arm Edy SB menambahkan panen tersebut terlaksana berkat adanya kerja sama antara PT Sigenta, Yonarmed 19/105 Tarik dan masyarakat di sekitar yonarmed 19. Dalam penanaman jagung menggunakan bibit jagung unggulan PT Sigenta yaitu NK 212.

“Kualitas bibit jagung NK 212 sangat cocok di gunakan di daerah yang bercuaca panas seperti di Lolak dan samping itu hasilnya pun maksimal,” terang Edy.

Panen raya itu ikut dihadiri Komandan Kodim (Dandim) 1303 Bolmong, Letkol Inf S Sihotang, Kaden B Pelopor Brimob Bolmong, Iptu Agung Widodo SIK, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) J.S Panelawen, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulut, Abdul Wahid Rauf anggota Dekab Bolmong dan para tamu undangan. (*)

Artikulli paraprakDinkes Bolmong Gelar PIN Polio
Artikulli tjetërPemkab Bolmong Sambut HUT Ke-62

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.