Beranda Bolmong APBD 2016 Bolmong Diprioritaskan Untuk Kesejahteraan Rakyat

APBD 2016 Bolmong Diprioritaskan Untuk Kesejahteraan Rakyat

275
0
47 M Sisa DAK Bolmong 2016 Belum Masuk Kas Daerah
Drs Ashari Sugeha.

KOTAMOBAGU ONLINE, Bolmong – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dalam alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bolmong tahun 2016 ini, memprioritaskan program nawacita yang menjadi program utama pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Sekda Bolmong, Drs Ashari Sugeha, mengatakan semua usulan pembangunan yang sudah bisa di akomodir akan langsung di alokasikan anggaranya agar bisa dijalanankan di tahun 2016 ini.

“Pembagunan daerah dan pelayanan guna kesejahteraan masyarakat menjadi prioritas terus kita tingkatan,” kata Sekda Bolmong, Drs Ashari Sugeha.

Menurutnya, total APBD Bolmong tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Belanja langsung mencapai Rp411 miliar sedangkan belanja tidak langsung mencapai Rp590 miliar.

Adapun target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dipatok sebesar Rp41 miliar. Target ini meningkat dari target tahun sebelumnya yakni di angka Rp36 miliar dengan realisasi Rp34 miliar. Untuk mengejar target PAD itu, sejumlah program pun dirancang. “Seperti misalnya kita menyewakan objek wisata kepada pihak ketiga. Dengan begitu kita menerima biaya sewa tanpa mengeluarkan biaya perawatannya karena pihak ketiga tersebut yang melakukan perawatan,” ujarnya.

Sejumlah regulasi pun akan dibuat sebagai payung hukum bagi program-program tadi. Dengan begitu, Pemkab Bolmong optimis tahun-tahun ke depan capaian PAD bisa meningkat. “Guna meningkatkan capaian PAD, semua upayakan kita lakukan,” ungkap Ashari.

Sementara Bupati Salihi Mokodongan mengatakan, apa saja yang menjadi masalah dalam mengejar PAD terus dicarikan solusi. “Ini dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan Bolmong lebih meningkat lagi,” katanya. (*)

Artikulli paraprakBupati Bolmong Gunakan Pola Jemput Bola Meraih Anggran
Artikulli tjetërDicopot Dari Kepala BLH, Ini Kata Mul’aliif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.