Beranda Lifestyle Alasan Kenapa Musik Bisa Membuat Anda Sehat

Alasan Kenapa Musik Bisa Membuat Anda Sehat

242
0
(jendelasehatq.blogspot.com)

KOTAMOBAGU ONLINE – Musik, tak berlebihan rasanya jika hasil karya seni manusia ini begitu diagungkan dan tak pernah lepas dari sejarah peradaban manusia.

Menurut sejarah, musik digunakan sebagai kendaraan ritual keagamaan. Fungsinya mulai berubah seiring perubahan besar yang dilakukan Marthin Luther King. Dalam perkembangannya, musik justru lebih mendominasi dunia hiburan.

Berbagai pernyataan atau pun penelitian tentang fungsi lain musik, memang bukan lagi menjadi hal baru. Dunia medis memang sudah medapatkan jawaban memuaskan seputar khasiat dari musik bagi kesehatan. Hal positif dari musik sudah tercantum dalam tulisan-tulisan Pythagoras, Aristoteles dan Plato. Mereka percaya bahwa musik dapat mempengaruhi fisik, emosi, kesejahteraan sosial dan meningkatkan kualitas hidup. Ini yang musik lakukan untuk kesehatan Anda:

Pembunuh Rasa Sakit

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Advanced Nursing, mendengarkan musik sehari-hari dapat mengurangi rasa sakit kronis hingga 21 persen. Studi ini juga menemukan bahwa mendengarkan musik membuat orang bisa lebih mengendalikan rasa sakit mereka dan mengurangi depresi.

Mengurangi Stres

Dari penelitian yang dilakukan, subjek diperintahkan mendengarkan selama setengah jam musik yang menenangkan, dua kali sehari selama dua minggu. Dan hasilnya menunjukkan pengurangan signifikan pada tingkat stres dan kecemasan subjek penelitian dalam setiap permasalahan.

Manfaat Kardiovaskular

Mendengarkan musik yang tenang juga membantu mengurangi denyut jantung, tekanan darah serta risiko stroke. Dalam sebuah penelitian di Italia, para peneliti menemukan bahwa penderita hipertensi ringan (tekanan darah tinggi) yang mendengarkan musik klasik 30 menit sehari selama satu bulan mengalami pengurangan signifikan pada tekanan darah mereka.

Membantu Penderita Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa musik mungkin menawarkan sejumlah manfaat bagi orang-orang pengidap kanker. Mengurangi kecemasan pada pasien yang menerima terapi radiasi, serta menurunkan gejala mual dan muntah akibat kemoterapi dosis tinggi. (okezone.com)

 

Artikulli paraprakDisperindag Kota Kotamobagu Gelar Pasar Murah
Artikulli tjetërMarcell Chandrawinata, Berencana Rayakan Natal di Jerman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.