Beranda Berita Utama KPU Kotamobagu Targetkan 90 Persen Partisipasi Pemilih

KPU Kotamobagu Targetkan 90 Persen Partisipasi Pemilih

52
0
Ketua KPU, Nayodo Kurniawan

KOTAMOBAGU ONLINE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu menargetkan partisipasi pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) pada 9 Desember 2015 ini, bisa meningkat hingga mencapai 90 persen.

“Kita tetap akan terus berupaya agar partisipasi pemilih di Kotamobagu bisa meningkat, dan kami targetkan tidak harus 100 persen. 90 persen saja sudah sangat bagus” tutur ketua KPU, Nayodo Kurniawan, kepada Kotamobagu Online, usai pertemuan bersama pemerintah Kota di Restoran Lemba Bening, Kamis, (25/11/2015).

Ia mengakui, partisipasi pemilih di setiap pesta demokrasi memang selalu menjadi persoalan yang sangat krusial dan hampir terjadi disemua daerah. Untuk Kotamobagu pihaknya sedang mencari formulasi yang tepat agar tingkat partisipasi pemilih bisa lebih banyak.

“ Untuk Kotamobagu kita sudah membahas dengan pemerintah kota dan kita sudah sepakat akan menggunakan strategi yang namanya sonsoma atau dengan kata lain yakni mengundang langsung kepada yang bersangkutan wajib pilih untuk bisa datang memilih di TPS,”tandasnya.

Ditambahkannya untuk Sonsoma ini, akan dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di desa atau kelurahan masing-masing dan bekerja sama dengan pemerintah desa atau kelurahan tersebut.

“Nanti mereka yang akan membagikan undangan kepada wajib pilih dan sekaligus langsung mengajak agar bisa datang ke TPS” Terang Nayodo.

Dikatakannya juga, upaya agar jumlah pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini bisa lebih banyak, adalah menjadi salah satu program dari pemerintah Provinsi.

“Siapa desa di Sulut yang terbanyak partisipasi pemilihnya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Provinsi serta desa tersebut akan diberikan bantuan Dana Desa yang lebih dari desa lain” ungkapnya. (Samsu Melangi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.