Beranda Ekonomi & Bisnis Bulog Hadapi Paceklik Tahun 2016

Bulog Hadapi Paceklik Tahun 2016

328
0
(Foto : tempo.com)

KOTAMOBAGU ONLINE – Sejak 7 November 2015 lalu sampai saat ini, sebanyak 227.000 ton beras impor asal Vietnam telah masuk ke Indonesia. Total beras yang dipesan Indonesia dari Vietnam mencapai 1 juta ton. Beras Vietnam ini diimpor untuk memperkuat stok Perum Bulog dalam menghadapi musim paceklik di awal 2016 mendatang.

“Sampai hari ini beras Vietnam baru masuk 227.000 ton,” kata Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti, dalam Media Gathering di Grand Ussu Hotel, Cisarua, ‎Sabtu (28/11/2015).

‎Namun, beras Vietnam ini tidak bisa segera didistribusikan Bulog ke berbagai daerah di Indonesia karena keterbatasan infrastruktur dan kapasitas kapal. “Beras itu menggerakannya itu tidak gampang, ada hubungannya dengan loading capacity, dengan bongkar muat,” ujarnya.

Banyak daerah di Indonesia yang tidak dapat disinggahi oleh kapal-kapal angkutan besar, sehingga Bulog harus mengangkut beras dengan kapal-kapal kecil.‎

“Ada 17 ribu pulau di Indonesia, pelabuhan di kota-kota seperti Bitung dan Sorong, kapal yang bisa kesana kapal kecil. Kapal besar berkapasitas 40 ribu ton beras nggak bisa, hanya kapal kecil 4-5 ribu ton beras yang bisa berlabuh. Menggerakannya tidak bisa cepat,” ungkap Djarot.

Menurut dia, ke depan pengambilan keputusan impor beras harus dilakukan sejak jauh-jauh hari supaya Bulog punya waktu persiapan yang cukup panjang, termasuk untuk mempersiapkan kapal angkut beras.

“Kalau mendadak butuh 2,5 juta ton beras, kapal yang angkut hanya 25.000 ton, artinya butuh 1.000 kapal. Jadi kita harus antisipasi jauh-jauh hari,” ucapnya.

‎Dengan adanya beras impor ini, Djarot menyatakan bahwa stok Bulog semakin kuat dan siap untuk mengantisipasi kekurangan pasokan beras pada musim paceklik di awal 2016.

“Kami Bulog siap menghadapi itu (paceklik). Baik menggunakan (beras) PSO, beras komersial, maupun beras impor yang masuk,” tandasnya. Sumber : (detikfinance.com)

 

Artikulli paraprakBRI Targetkan “Menggaet” 300.000 Debitur per Bulan
Artikulli tjetërTimsus MALEO Polres Bolmong Siap Perangi Kejahatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.