Beranda Lifestyle Tips Merawat Helm Lawas Kesayangan

Tips Merawat Helm Lawas Kesayangan

302
0

KOTAMOBAGU ONLINE – Helm lawas yang memiliki nilai historis sebaiknya selalu dirawat. Bisa jadi perawatan harus lebih intens lantaran dari sisi usia kemungkinan bahannya mengalami keausan di bagian dalam helm. Meski begitu merawat helm lawas sebenarnya mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.  Secara umum caranya sama dan hanya perlu memerhatikan bagian tertentu saja.

“Perawatannya hampir sama. Bedanya cuma soal kena air saja. Busa itu enggak usah dicuci. Kalaupun kena hujan, keringkan pakai hair dryer atau dijemur di terik matahari,” kata Rahmat Rizkiko Darmawan, pemilik Kedai Helm Dulu (Kehed), seperti dikutip dari laman Okezone.
Seringkali pemilik helm lawas tetap mempertahankan kondisi bodi luarnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga orisinalitasnya. Nah akhirnya banyak ditemui helm lawas yang memiliki penampilan jarang mengkilap kecuali dilakukan pengecatan ulang.

“Untuk bodi sih biasanya cuma dilap basah aja. Atau ada juga yang suka pakai obat poles, tapi sedikit saja. Orang cenderung pengen helm jadulnya kelihatan buluk,” ujar Rahmat.
Beda lagi perlakuan helm lawas yang dimiliki oleh kolektor. Pemiliknya biasa merawatnya secara maksimal sebagai benda kesukaan. Helm akan disimpan rapi. Jika yang dimiliki termasuk edisi langka, maka helm dipakai untuk show off semata.

“Kalau yang barangnya langka, biasanya dipakai cuma buat show off saja, sisanya ditaruh rapi. Paling dilap bodinya, bagian dalamnya dikeringkan jika agak basah karena keringat, terus dibungkus ke plastiknya lagi ,” tuturnya.

(“)

Artikulli paraprakFinalisasi Kasus Rp17,2 Miliar Proyek Masjid Raya ‘Kabur’
Artikulli tjetërIni Bahaya Makan Mi Instan Tanpa Direbus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.