Beranda Lifestyle Ini Bahaya Makan Mi Instan Tanpa Direbus

Ini Bahaya Makan Mi Instan Tanpa Direbus

284
0

KOTAMOBAGU ONLINE – Kadang karena ingin ngemil, mi instan yang seharusnya harus dimasak terlebih dahulu akhirnya dikonsumsi begitu saja. Mi dimakan dengan cara kering yaitu meremukkan mi lalu dicampurkan begitu saja bumbu-bumbu yang ada. Tahukah Anda? Justru makan mi instan tanpa dimasak akan memberikan keburukan bagi tubuh.

Dikutip dari laman Okezone, dalam mi instan ada beragam komposisi bahan yang ditambahkan. Bebrapa di antaranya adalah penguat rasa, pewarna makanan, dan monosodium glutamate. Bahan-bahan ini boleh masuk tubuh dalam jumlah normal. Namun tidak dianjurkan mengonsumsinya begitu saja tanpa dilakukan pelarutan terlebih dahulu.

“Mi instan seharusnya tidak dimakan mentah. Anjurannya memang harus diseduh atau direbus agar zat alami bisa larut dan aman dimakan,” kata Dr dr Rini Sekartini Sp.AK, dokter Spesialis Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Makan mi instan secara mentah dapat meningkatkan beberapa risiko efek samping. Misalnya untuk jangka pendek dapat muncul gangguan saluran pencernaan. Tanda utamanya adalah rasa kembung yang tidak lekas hilang. Sementara itu risiko jangka panjangnya adalah dapat menimbulkan kanker. Oleh sebab itu, seseorang tetap harus mematuhi cara membuatnya untuk meminimalkan berbagai risiko kesehatan yang ada.

“Beberapa anak yang sering makan mi mentah juga bisa muntah. Bahkan, kalau dimakan setiap hari bisa berisiko menderita gastritis,” tutur dr Rini. (“)

Artikulli paraprakTips Merawat Helm Lawas Kesayangan
Artikulli tjetërMerendam Kentang Ternyata Bisa Kurangi Risiko Kanker

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.