Beranda Lifestyle Ingatan Bisa Tumpul Kalau Bergantung pada Komputer dan Internet

Ingatan Bisa Tumpul Kalau Bergantung pada Komputer dan Internet

393
0

KOTAMOBAGU ONLINE – Hati-hati jika Anda sudah terlalu bergantu pada kemampuan komputer dan mesin pencari untuk melakukan berbagai hal. Studi terbaru menemukan, ketergantungan pada kedua hal tersebut bisa membuat kemampuan memori otak menurun. Akibatnya, seseorang menjadi lebih sukar dalam mengoptimalkan ingatannya.

Menurut peneliti Maria Wimber, aktivitas menggantungkan pada komputer untuk mencari dan mengingat informasi memengaruhi kinerja otak. Kemampuan otak menjadi turun dalam membentuk ingatan jangka panjang. Saat ini orang lebih suka untuk mencari informasi dengan jalan online, lalu menyimpan hasil temuannya menjadi file di komputer atau segera dihapus begitu tidak diperlukan. Kerja otak kurang maksimal.

Dalam penelitian yang melibatkan 6.000 orag dewasa di Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda, dan Luksemburg itu ditemukan, ada seperti dari total responden yang langsung menggunakan komputer demi mendapatkan informasi atau mengingatnya. Ada 45 persen responden dari Inggris yang masih ingat nomor telepon rumah sejak usia 10 tahun. Sementara itu ada 29 persen yang dapat mengingat nomor ponsel anak mereka. Lalu, hanya ada 43 persen responden yang ingat nomor kantornya.

“Hanya 51% orang Inggris yang disurvei, yang ingat nomor telepon pasangannya, jauh lebih kecil dibandingkan di Italia yang mencapai 80%,” tutur Wimber, seperti dikutip laman BBC.
Sementara itu menurut perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab, saat ini banyak orang yang membiasakan komputer untuk dipakai menjadi otak “tambahan”. Hal ini bisa memicu “amnesia digital”, yakni sebutan yang menunjukkan keadaan orang yang merasa wajar untuk tidak mengingat info penting. Dia merasa mudah mendapatkannya kembali dari internet.

“Terus-menerus menyimpan informasi secara digital, hanya akan membuat kita semakin jarang mempersiapkan informasi atau kenangan, yang mungkin diperlukan di masa yang akan datang,” ujar Wimber. (“)

Artikulli paraprakMerendam Kentang Ternyata Bisa Kurangi Risiko Kanker
Artikulli tjetërRegina Ungkap Alasan Tak Mau Nikah Resmi dengan Farhat Abbas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.