Beranda Berita Utama Kopi Organik Poyowa Besar Jadi Produk Unggulan

Kopi Organik Poyowa Besar Jadi Produk Unggulan

310
0
Kopi Organik Poyowa Besar Jadi Produk Unggulan
Perkebunan Kopi Organik Desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU — Kopi Organik yang berada di areal perkebunan Desa Poyowa Besar Kecamatan Kotamobagu Selatan, kedepan, digadang gadang berpotensi menjadi salah satu produk unggulan daerah Kota Kotamobagu.

Hal tersebut terlihat setelah beberapa waktu lalu, pihak Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) serta Instansi terkait telah melakukan survey ke perkebunan kopi ini. Dari hasil survey tersebut, kopi ini mempunyai banyak keunggulannya.

Kepala Bappelitbangda, Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, Jumat (13/10/2017), mengatakan keunggulan kopi ini diantaranya masa tanam yang tidak terlalu lama.

“Yakni hanya dengan waktu 1 tahun, Kopi tersebut sudah membuahkan hasil,” ungkap Sofyan.

Selain itu kata Sofyan, kopi ini memiliki kualitas rasa yang baik. Meski demikian dia mengakui bahwa belum di uji laboratorium, tapi menurut informasi dari daerah yang sudah memproduksi kopi ini, katanya jenis tanaman Kopi Ini punya rasa khas.

Untuk itu kata Sofyan, pihaknya serta instansi terkait kedepan berencana memperluas areal tanaman kopi ini, karena dari hasil survey dilapangan, masih terdapat 2000 Hektar lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan kopi organik ini.

“Untuk pengembangannya kita akan kordinasi dengan Instansi terkait, seperti Dinas Pertanian untuk penyaluran bantuan bibit, Dinas PU untuk akses jalan masuk, serta tim penyuluh untuk pendampingan ke petani,” ujar Sofyan, sembari menambahkan Kopi jenis ini hidup diatas ketinggian 9000 meter diatas permukaan laut.

(kifly koto)

 

Artikulli paraprakPemprov Sulut Respon Positif Pengembangan Destinasi Wisata Kotamobagu
Artikulli tjetërYasti Tepati Janjinya di Pilkada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.